Redenominasi Diminta segera Diterapkan  

36

Denpasar (Bisnis Bali) – Praktisi perbankan di Bali setuju kebijakan redenominasi atau penyederhanaan rupiah segera direaliasasikan. Redenominasi akan membuat kondusif untuk menstimulir pergerakan dan menggairahkan perekonomian.

Mantan Dirut Bank Sinar (saat ini Bank Mantap), IB Kade Perdana, M.M. di Sanur, Jumat (6/1) kemarin mengatakan, sekaranglah saat yang paling tepat untuk merealisasikan redenominasi mata uang rupiah, mengingat inflasi yang relatif rendah pada 2016.

“Pencapaian inflasi nasional pada 2016 kurang dari tiga persen, sehingga waktu yang tepat saat ini untuk merealisasikan redenominasi uang rupiah,” katanya terkait Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mendorong agar kebijakan redenominasi segera direalisasi melalui disetujuinya Undang-undang (UU) mengenai Redenominasi Rupiah.

Wakil Ketua Umum Kadin Bali Bidang Fiskal dan Moneter ini mengatakan, tujuan penyederhanaan uang rupiah, lebih memudahkan dalam perhitungan dan pembayaran. Tetapi, intinya beranikah Bank Indonesia (BI) mengambil keputusan sesegera mungkin untuk melaksanakan redenominasi sesuai mekanisme yang berlaku. BI selama ini terbiasa  memegang teguh asas prudensial atau prinsip kehati-hatian yang tinggi dan ketat. (dik)

BAGIKAN