Desa Pemuteran Kenalkan Pesona Wisata Taman Laut  

14

Singaraja (Bisnis Bali) – Objek wisata bahari yang ada di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak terkenal dengan kawasan konservasi laut untuk proyek terumbu karang dengan sistem biorock.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Buleleng, Ir. Nyoman Sutrisna, M.M., Jumat (6/1) mengatakan, wisata bahari di Desa Pemuteran merupakan daerah yang ada di kawasan perbukitan. Adapun upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, kini wisata bahari Pemuteran menyuguhkan taman bawah laut yang ditempuh sekitar 15 menit dari Pemuteran dengan perahu sewaan. Ide pembuatan taman laut tersebut telah lama dirintis oleh warga yang peduli terhadap pelestarian terumbu karang, bahkan pengelolaanya dilakukan oleh Yayasan Karang Lestari.

Ia mengatakan, wisatawan yang melakukan diving dan snorkeling menjadi pilihan para wisatawan, karena berbagai suguhan taman bawah laut seperti gua besar serta kecil di lokasi bawah laut dengan keanekaragaman terumbu karang dalam berbagai tipe dan warna serta biota laut yang lain.(ira)