Prediksi 2017 Menangkan Persaingan, Pelaku Pariwisata Bali harus Berbenah

61
PARIWISATA - Pengembangan daya tarik wisata baru 2017 tidak boleh menyimpang dari konsep pariwisata budaya. (kup) 

Pada 2017 ini, Bali masih dihadapkan persaingan yang begitu ketat dengan destinasi lain di dunia. Untuk menghadapi persaingan dengan destinasi dunia pariwisata Bali harus lebih mematangkan pengembangan pariwisata budaya. Apa lagi yang harus dilakukan?

TURUNNYA peraturan dalam bentuk perda kepariwisataan di Bali diharapkan  senantiasa digaungkan, ditanamkan, dipahami, diresapi dan dilaksanakan. Ini berarti Bali memiliki pilihan di bidang pilihan pariwisata budaya.

Dewan Pembina GIPI Bali, Bagus Sudibya mengatakan, Bali sudah menentukan pilihan pariwisata budaya. Dalam program pengembangan pariwisata Bali 2017, pemerintah yang berkaitan pariwisata baik Kementerian Pariwisata, gubernur, Dinas Pariwisata Bali, bupati/wali kota, dan dinas pariwisata kabupaten/kota hendaknya mengacu kepada prinsip-prinsip perda pariwisata budaya yang telah ditetapkan.

Dalam pengembangan pariwisata budaya akan muncul pertanyaan suku bangsa mana saja yang ingin datang ke Bali karena daya tarik budaya yang unik dan keindahan alam pariwisata Bali. Wisatawan asal Eropa sangat tertarik dengan kebudayaan Bali. Ini termasuk melihat tata cara kehidupan orang Bali. Kehidupan budaya masyarakat Bali sangat kental dengan konsep Tri Hita Karana. Wisatawan Amerika dan Jepang sangat mengagumi kebudayaan Bali tersebut. Begitu juga suku bangsa-suku bangsa yang lainnya.(kup)

BAGIKAN