I Made Mastiawan 2017, Tingkatkan Sumber Daya Manusia  

23

KEMAJUAN teknologi yang berkembang pesat dewasa ini, harus diimbangi dengan kemampuan SDM pada semua sektor. Termasuk peningkatan SDM pada LPD yang juga harus digencarkan. Hal ini tentuya dijadikan program prioritas oleh BKS-LPD Karangasem, untuk meningkatkan SDM seluruh karyawan LPD.

Ketua BKS Kabupaten Karangasem, Drs. I Made Mastiawan, mengatakan, peningkatan SDM yang dijadikannya program prioritas di tahun ini. Sebab, menurutnya, tantangan tiap tahunnya bagi LPD semakin ketat baik dari persaingan antarlembaga keuangan, bank umum, BPR, dan Koperasi yang masuk ke wilayah desa adat.

“Dengan kondisi ini pengurus LPD harus mulai berbenah diri mempersiapakan SDM yang handal,’’ katanya. Terkait dengan hal tersebut, dia mengatakan, pihaknya sudah membuat program kerja untuk mengadakan pelatihan manajemen baik SDM kepemimpinan, kredit, kasir, kolektor dan sebagainya.

Pelatihan ini, dikatakannya, akan diselenggarakan di masing-masing kecamatan dengan memberikan pendanaan pemberdayaan yang dialokasikan dari BKS LPD Bali ke masing-masing kabupaten- ke BKS kecamatan.

Di samping itu, dia juga mengaku, akan mensosialisasikan pemanfaatan program IT bagi LPD yang belum menggunakan program tersebut. Karena, menurutnya, perkembangan serta tuntutan masyarakat menyangkut pelayanan  serta  data yang lebih akurat dan terkontrol dengan pemanfaatan kecanggihan teknologi saat ini. (wid)

BAGIKAN