Budi Daya Cabai Prospektif

29

KEBUTUHAN akan cabai relatif stabil. Peningkatan akan terjadi menjelang hari raya. Harga cabai juga kerapkali berfluktuasi dan mengalami peningkatan saat hari raya sehingga prospek budi daya cabai cukup menjanjikan.

“Budi daya cabai sebenarnya cukup menjanjikan, hanya momoknya adalah hama penyakit, terutama saat musim hujan,” kata Ketua Kelompok Tani Sari Nadi, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Subandiah. Dengan begitu, budi daya cabai memang lebih baik dilakukan saat musim kemarau karena curah hujan yang tinggi akan membuat tanaman cepat mati atau busuk pada buah.

Untuk proses budi daya hampir sama dengan jenis tanaman hortikultura. Dimulai dengan pengolahan tanah yaitu gemburkan tanah dan beri pupuk kandang. Buat bedengan dengan lebar sekitar 1 meter sampai 1,5 meter dengan ketinggian bedengan 30 cm dan jarak antar bedengan 30 sampai 40 cm. Buat lubang dengan jarak 40 cm. Kemudian pasang mulsa untuk menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tumbuhnya gulma atau dapat diberikan jerami. Masa tanam yang paling baik untuk tanaman cabai adalah ketika curah hujan tidak terlalu banyak. (pur)

BAGIKAN