Prediksi 2017 Pasar Buah Lokal makin Cerah  

43
Sejumlah buah lokal dari Bali tembus Pasar Induk Kramat Jati  (man)

PROSPEK pasar buah lokal di tengah serbuan buah impor, diprediksi sejumlah kalangan pelaku usaha agro akan makin cerah pada 2017 ini. Bercermin dari kondisi tersebut produsen atau petani harus mulai memperhatikan kualitas hasil panen, guna memaksimalkan meraup untung di tengah meningkatnya respons pasar. Apa yang mendasari hal itu? Berikut laporannya.

Bali sejatinya tidak hanya sebagai etalase penjualan dari beragam komoditi buah yang dihasilkan petani dari luar daerah maupun impor, namun Bali sebenarnya memiliki potensi yang cukup besar guna memposisikan diri sebagai pemasok beragam komoditi buah lokal ke luar daerah atau antarpulau dan bahkan ekspor ke sejumlah negara tujuan. Hal itu sejalan dengan kondisi Bali yang menjadi salah satu sentra pertanian buah lokal cukup beragam.  Misalnya, jeruk Kintamani, manggis, mangga, salak, anggur, durian hingga rambutan merupakan beberapa komoditi yang dihasilkan oleh petani Bali dan beberapa telah memiliki pangsa pasar luas.

Beragam komoditi buah lokal tersebut menyebar dengan dikembangkan oleh sejumlah petani yang berada di daerah seperti, Kabupaten Bangli, Tabanan, dan Singajara. (man)

BAGIKAN