Wabup Suiasa Tutup Festival Pantai Pandawa V Tahun 2016

15
ist DITUTUP - Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, S.H. menutup Sabha Kherta Lango II Festival Pantai Pandawa V Tahun 2016, Minggu (1/1) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Pada awal tahun 2017, Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, S.H. menutup Sabha Kherta Lango II Festival Pantai Pandawa V Tahun 2016, Minggu (1/1) lalu di pelataran parkir Pantai Pandawa, Kutuh Kuta Selatan. Hadir pada kesempatan tersebut anggota DPRD Kabupaten Badung I Nyoman Mesir, Tripitaka, Kadis Pariwisata Kabupaten Badung Cokorda Raka Darmawan, Camat Kuta Selatan I Wayan Wirya, Lurah Benoa Wayan Solo, bendesa adat, para tokoh masyarakat Kutuh serta wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang sedang menikmati keindahan Pantai Pandawa.

Wayan Kasim selaku Ketua Panitia Festival Pandawa V Tahun 2016 melaporkan, Sabha Kherta Lango II Festival Pandawa V yang berlangsung dari pertengahan Desember 2016 yang berakhir hari ini (1 Januari 2017) telah mengadakan pagelaran tari seni dan budaya juga mengadakan beberapa lomba  seperti lomba surfing, memancing di laut sambil berendam di air yang membawa sensasi sendiri bagi peserta lomba mancing tersebut. Di festival ini juga dilaksanakan pertunjukan rakyat sepanjang hari yang diisi oleh para seniman dan seniwati dari Desa Adat Kutuh Kuta Selatan. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat tetap menjaga warisan leluhur seni dan budaya Bali serta lingkungan desa Adat Kutuh dari hal-hal yang negatif yang dapat merusak alam dan isinya.

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung sangat mengapresiasi kegiatan Ini yang telah berlangsung dari tahun-tahun sebelumnya. Pantai Pandawa yang terletak di Desa Adat Kutuh, Kuta Selatan Kabupaten Badung sudah menjadi salah satu destinasi tujuan wisata di Kabupaten Badung Bali bagian selatan dengan pantainya yang berpasir putih serta tebing karang yang eksotik yang membuat Pantai Pandawa cepat dikenal di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Dengan kreativitas oleh semua komponen masyarakat Kutuh, Festival Pantai Pandawa menjadi bagian penting bagi objek wisata ini. Pegelaran Sabha Kherta Lango II Festival Pantai Pendawa V telah membawa dampak yang positif dalam perkembangan kepariwisataan yang dapat menghidupkan ekonomi kerakyatan serta menghidupkan seni budaya Bali dengan kearifan lokal yang dimiliki tentu tetap menjaga nilai-nilai luhur budaya Bali yang bernapaskan Hindu untuk keajegan Bali didalam impitan budaya asing. “Sabha Kherta Lango II Festival Pantai Pandawa V Tahun 2016 diharapkan  tidak berhenti sampai di sini, namun harus terus berlanjut menjadi denyut napas pariwisata tahun-tahun mendatang di Kuta Selatan dengan menjaga seni budaya Bali, tetap menjaga kearifan masyarakat dan keindahan alamnya. Dengan dikemas secara apik tentu pada tahun tahun ke depan pagelaran Festival Pandawa akan lebih menarik dan membawa kenangan yang indah dan akan terpatri dalam  hati para wisatawan yang sedang menikmati pantai Pandawa ini,” imbuh Suaisa. (sar/)