Baru 47 Persen, Kredit Bank Tersalur ke Pelaku UMKM  

26

Denpasar (Bisnis Bali) – Kredit perbankan diprediksi belum sepenuhnya tersalur ke kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Baru 47 persen dana kredit perbankan yang tersalurkan kepada UMKM.

“Selain belum sepenuhnya tersalurkan, belum semua UMKM di Bali juga tersentuh dengan produk-produk dari lembaga keuangan,” kata Kepala OJK Regional 8 Bali Nusra, Zulmi di Sanur, baru-baru ini.

Ia mengatakan, dari seluruh jumlah UMKM di Bali yang mencapai 265.000, baru 20 persen yang memanfaatkan jasa keuangan. Karena itu, OJK memandang penting agar perbankan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat serta UMKM.

“OJK juga akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya peran perbankan bagi UMKM, termasuk agar perbankan mau melirik UMKM dalam penyaluran kredit,” terangnya.

Diakui, Bali sebagai destinasi pariwisata dunia tentunya OJK harus mendukung usaha-usaha mikro sebagai bagian dari pariwisata, salah satunya dengan melakukan sosialisasi serta melakukan pembinaan kepada seluruh UMKM baik yang baru mulai yang sedang tumbuh, maupun UMKM yang sudah maju.(dik)

BAGIKAN