Capai Target 20 Juta Wisman, Gunakan Cara tak Realistis

16
TARGET – Kunjungan wisatawan mancanegara  ke Bali, diharapkan bisa mendongkrak target 20 juta wisman ke Indonesia 2019. (kup)  

Denpasar (Bisnis Bali) – Mencapai target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia 2019 dengan menggunakan pertumbuhan organik dinilai tidak realistis. ‎Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar RI, ​Prof. Dr. Ir. I Gde Pitana, M.Sc., Minggu (25/12) mengatakan, pencapaian angka kunjungan 20 juta mesti menggunakan cara-cara yang tidak realistis.

Ia mengungkapkan, pariwisata dunia tumbuh 4,1 persen. Pariwisata di kawasan ASEAN tumbuhnya 5,1 persen. Sementara Indonesia menargetkan pertumbuhan pariwisata 20 persen. Dengan perhitungan pertumbuhan organik atau natural Indonesia memang tidak mampu mencapai angka pertumbuhan pariwisata 20 persen.

Dengan demikian, angka target kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) 20 juta orang 2019 merupakan pencapaian angka yang tidak mungkin dalam hitungan normal. Kita harus melakukan kuatum list berani meloncat. Mencapai angka 20 juta 2019 merupakan angka luar biasa. Sebuah hasil yang luar biasanya harus didapatkan mesti menggunakan cara yang tidak biasa. “Kalau menggunakan cara biasa mustahil Indonesia mencapai angka 20 juta,” katanya.(kup)

BAGIKAN