Pencetakan Rupiah Terbaru tak Tambah Uang Beredar  

39
  ist TAK TAMBAH - Pencetakan uang baru dipastikan tak tambah uang beredar. Tampak lembaran uang rupiah baru tahun emisi 2016.

Denpasar (Bisnis Bali) – Bank Indonesia menegaskan pencetakan uang rupiah tahun emisi (TE) 2016 dilakukan seluruhnya oleh Perum Peruri. Selain itu, uang rupiah TE 2016 dicetak dan diedarkan untuk menggantikan uang tidak layak edar yang ditarik sehingga tidak menambah jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Hal itu ditegaskan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali, Causa Iman Karana sesuai yang tertuang dari informasi Direktur Ekseskutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara di Renon, Jumat (23/12) kemarin.

Untuk lebih menjelaskan dan memberikan informasi yang benar terkait keberadaan uang rupiah TE 2016, Pak Cik biasa ia disapa mengatakan, dalam pelaksanaan tugas di bidang pengelolaan uang rupiah, BI melakukan pencetakan rupiah sesuai kebutuhan masyarakat. BI senantiasa memastikan kebutuhan uang tunai masyarakat dapat tersedia dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi layak edar.

“Sebagai bagian dari siklus pengelolaan uang, BI secara rutin melakukan penarikan uang yang tidak layak edar di masyarakat dan menggantikannya dengan uang dalam kondisi layak edar atau yang baru dicetak,” katanya.(dik)

BAGIKAN