Catatan Akhir Tahun 2016 Pertumbuhan Ekonomi Bali di Atas Nasional

37
  dik DI ATAS - Pada 2016, pertumbuhan ekonomi Bali dipastikan di atas rata-rata nasional. Tampak pelaku UMKM yang juga penggerak ekonomi Bali.  

Pada 2016 ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia telah mengalami perbaikan, kendati tidak dipungkiri pengaruh ekonomi global masih sangat kental mempengaruhi ekonomi nasional. Menariknya, kondisi ekonomi Bali malah mengalami pertumbuhan yang positif, bahkan di atas nasional. Benarkah?

BANYAK kejadian yang terjadi sepanjang 2016 karena imbas kondisi ekonomi yang terjadi pada 2015. Itu terlihat bagaimana pemerintah bersama Bank Indonesia dan otoritas keuangan sejak September 2015 telah mengeluarkan 14 paket kebijakan ekonomi untuk memperbaiki kondisi perekonomian serta mendukung pertumbuhan investasi di Indonesia. Selain itu, dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi dari sisi suku bunga murah, BI mengeluarkan kebijakan BI 7 day repo rate hingga amnesti pajak pada semester II/2016 sebagai upaya mendorong terjadinya aliran dana dan diharapkan repatriasi dana dapat disalurkan ke sektor produktif yang tengah berkembang, seperti infrastruktur, properti, pariwisata dan pertanian.

Pengaruh pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga berpengauh pada perekonomian Bali. Tetapi, untungnya Pulau Dewata didukung sektor pariwisata yang membuat pertumbuhan ekonomi tidak terlalu keras pengaruhnya. Ini pula membuat Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali optimis perekonomian Bali hingga tutup tahun akan masih mengalami peningkatan. Prospek pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2016 di Pulau Dewata akan berada di kisaran 6,04 persen hingga 6,46 persen year on year (yoy).(dik)

BAGIKAN