Hasilkan Rp1,8 Juta per Are, Budi Daya Tomat Prospektif

27

TOMAT sebenarnya berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah, yang bisa tumbuh di ketinggian antara 0 hingga 1.500 di atas permukaan laut. Namun ada jenis-jenis tomat tertentu yang bisa tumbuh di dataran tinggi.
“Tomat jenis berlian dan mutiara cocok ditanam di dataran tinggi, sementara untuk dataran rendah jenis intan,” kata Ir. I Gusti Ketut Agung Sudewa, M.Si.

Untuk memulai budi daya hal pertama yang harus dilakukan adalah pengolahan tanah. Untuk penyelesaian PH tanah yang tepat 5,5 – 6,5. Setelah tanah disemburkan dibuat guludan setinggi 30 cm saat musim kemarau dan 50 cm saat musim hujan. Setelah itu bisa dipasang mulsa saat musim kemarau untuk mempertahankan kelembaban tanah dan atasi tanaman gulma.
“Untuk penyemaian benih bisa langsung ditabur di lubang tanam atau tanam di polibag terlebih dahulu, untuk mendapatkan bibit yang seragam,” katanya.

Selain itu dapat ditanam di penyemaian, namun membutuhkan keahlian khusus untuk memindahkannya agar bibit tidak mati. Setelah bibit berumur 30-40 hari baru bisa ditanam di lahan. “Jarak tanam yang baik adalah 80 x 60 cm dengan kedalaman 5-8 cm,” katanya sembari menambahkan, dalam satu are bisa ditanam 208 pohon. (pur)

BAGIKAN