Bendesa Kecewa Minimnya Partisipasi Wisatawan

25
Penanaman 121 pohon oleh salah satu bank BUMN di kawasan sisi Timur Mandala Suci Wanara Wana (Monkey Forest), Ubud, Selasa (20/12). (Kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Bendesa Desa Adat Padang Tegal, Made Gandra mengungkapkan kekecewaannya atas minimnya kehadiran turis asing dalam bazar pohon yang digelar bersamaan dengan penanaman 121 pohon oleh salah satu bank BUMN di kawasan sisi Timur Mandala Suci Wanara Wana (Monkey Forest), Ubud, Selasa (20/12).

Gandra mengatakan, pihaknya sangat gencar mempromosikan even bazar tersebut di media sosial. Salah satunya melalui akun Ubud Community. Dalam upaya itu, tampak banyak respon positif dari wisatawan asing yang menyatakan akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Namun, hingga usai acara, tidak ada satu pun wisatawan tersebut datang.

”Ada sekitar 100 turis yang mengkonfirmasi akan hadir. Tapi kenyataannya nol,” ungkapnya. Ini menunjukkan kalau wisatawan banyak menyatakan peduli lingkungan tetapi kenyataannya sulit mengajak wiaatawan dalam pelestarian lingkungan. Padahal program bazar pohon ini sifatnya meningkatkan kepedulian terhadap alam. “Mungkin mereka  takut harus merogoh kocek, Sebab, konsep bazzar pohon itu sifatnya transaksi,”katanya.(kup)

BAGIKAN