Uang NKRI Baru Efektif Perkecil Kasus Pemalsuan  

33

Denpasar (Bisnis Bali) – Peluncuran uang NKRI dengan desain baru dinilai pengamat ekonomi Undiknas University, Prof. IB Raka Suardana, S.E., M.M. merupakan hal wajar yang tujuan utamanya adalah menggantikan uang lusuh beredar di pasaran. Meski begitu, ia juga optimis uang NKRI baru ini akan efektif memperkecil kasus pemalsuan uang yang sebelumnya cukup marak terjadi.
“Peluncuruan uang baru ini bisa dibilang merupakan rutinitas biasa yang dilakukan pemerintah untuk menggantikan uang lusuh di pasaran. Pastinya pemerintah sudah memperhitungkan jumlahnya, sehingga tidak akan berdampak pada inflasi maupun mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional jelang akhir tahun ini,” tutur IB Raka Suardana, Senin (19/12) kemarin.
Ia menerangkan, di sisi lain meski merupakan hal yang biasa dilakukan, menurutnya, peluncuran uang NKRI baru ini merupakan hal positif dalam kaitannya mampu memperkecil kasus dari pemalsuan uang. Sebab pertimbangannya, desain uang yang baru tentunya juga dibarengi dengan adanya teknologi terbaru untuk mencegah tidak kejahatan pemalsuan.  (man)

BAGIKAN