Terkait ”Smart Building” di Badung Wabup Suiasa Terima Audiensi Pemerintah Korea

119
ist AUDIENSI - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Sekda Kabupaten Badung Kompyang R. Swandika menerima audiensi dari Pemerintah Korea, Senin (19/12) kemarin di Puspem Badung.

Mangupura (Bisnis Bali) – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Sekkab Kabupaten Badung Kompyang R. Swandika menerima audiensi dari Pemerintah Korea yang difasilitasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Senin (19/12) kemarin di Ruang Rapat Nayaka Gosana Puspem Badung. Audiensi ini terkait penawaran rencana hibah Pemerintah Korea melalui Intellegent Building Society (IBS) untuk smart building/intelegent builing di Kabupaten Badung.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan  Dewa Made Apramana, Kadis Cipta Karya Luh Putu Desi Dharmayanti, Kabag Administrasi dan Pemerintahan Umum I Gst.Ngr. Made Dwipayana, Kabag Aset dan Perlengkapan I Wayan Puja serta perwakilan dari Bappeda Litbang Badung.

Direktur Deputi untuk Pengembangan dan Pemanfaatan Energi Andianto Haryoko  menyampaikan, pelaksanaan kegiatan terkait rencana hibah untuk implementasi smart/intelegent building ini diharapkan bisa dilaksanakan di Puspem Badung. Mengingat hal tersebut sejalan dengan rencana hibah Korea lainnya yaitu Korea Energy Agency (KEA) untuk studi kelayakan terkait energi di Kabupaten Badung dan ini dapat menjadi masukan yang bermanfaat bagi Kabupaten Badung. Di samping itu Bappenas RI juga sangat mendukung agar pelaksanaan kegiatan hibah dimaksud dapat memberikan nilai tambah khususnya bagi pelaksanaan energi efisiensi dan konvervasi serta bagi pengembangan smart energy dan smart city ke depannya. “Kabupaten Badung dipandang sangat berpotensi untuk pengembangan tersebut sebagai upaya peningkatan pendapatan daerah dan pelayanan publik bagi masyarakat yang lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Selanjutnya dikatakan pula, Bappenas RI sudah meminta pihak Korea untuk menyusun konsep kerangka acuan kegiatan dan nota kesepahaman antara IBS dengan Pemerintah Kabupaten Badung. “Konsep dimaksud selanjutnya akan dibahas bersama dengan Pemerintah Kabupaten Badung agar sesuai dengan kebutuhan dari pemerintah dan wilayah Badung,” tegasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa memberi apresiasi terhadap Pemerintah Korea terkait penawaran rencana hibah Pemerintah Korea melalui Intellegent Building Society (IBS) untuk smart building/intelegent builing di Kabupaten Badung. Hal tersebut tentu mempunyai dampak yang sangat positif terhadap Kabupaten Badung, mengingat kebutuhan listrik di Kabupaten Badung yang sangat luar biasa. Diharapkan nantinya setelah penerapan smart buiding ini akan mampu menghemat pengeluaran biaya yang nantinya penghematan tersebut bisa digunakan untuk kepentingan lainnya untuk kesejahteraan masyarakat. “Jika kerja sama ini positif dan menguntungkan buat kita, kerja sama ini akan terus kami lanjutkan,” ujar Suiasa.

Kepada pihak SKPD terkait diharapkan untuk segera bisa mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sehingga pelaksanaan IBS ini bisa segera terlaksana. (sar/)