Akhir Tahun, Kain Daerah Dominasi Permintaan Penjualan Naik hingga 35 Persen

21

DEWASA ini kain tenun sudah banyak diproduksi di Bali. Salah satunya di Kabupaten Buleleng yang tersebar di beberapa kecamatan. Biasanya kain tenun ini cenderung diproduksi masyarakat atau home industry.

Setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri, baik motif dan corak sesuai dengan kultur budaya serta keahlian masyarakat di daerah itu sendiri. Selain Buleleng yang memiliki perajin tenun ikat atau lebih dikenal dengan endek, juga terdapat perajin penghasil kain tenun di kabupaten lain yang turut memajukan industri fashion dewasa ini, salah satunya ada tenun rangrang.

Baik tenun ikat atau tenun rangrang masing -masing memiliki nilai tersendiri, serta tradisi yang masih bertahan. Tradisi menenun kain daerah dipegang teguh masyarakat Kabupaten Buleleng dan beberapa daerah lainnya yang merupakan penghasil tenun.

Diketahui, penggunaan kain tenun daerah, selain menjadi fashion baik casual atau formal, juga erat kaitannya dengan tradisi atau budaya seperti sebagai bentuk cerita mengenai pewayangan yang dituangkan dalam motif atau gambar pada kain tenun daerah itu sendiri. (ira)

BAGIKAN