Kebijakan Bebas Visa harus Diselaraskan dengan Akses Penerbangan

17
VISA - Kebijakan bebas visa harus diikuti dengan penambahan akses penerbangan dari negara pasar ke Indonesia. (kup)  

Denpasar (Bisnis Bali) – Kebijakan bebas visa yang dikeluarkan pemerintah Indonesia memang memberikan manfaat besar terhadap pariwisata Indonesia dan pariwisata Bali khususnya. Dewan Pembina GIPI Bali, Bagus Sudibya Jumat (16/12) mengatakan, kebijakan bebas visa ini belum diikuti dengan penambahan akses penerbangan ke negara-negara pasar yang mendapatkan kebijakan bebas visa.

Ia mengungkapkan, kebijakan bebas visa ini tidak hanya dikeluarkan pada pemerintahan Presiden Jokowi saat ini. Kebijakan bebas visa sudah dikeluarkan mulai zaman pemerintahan Presiden Megawati. Kebijakan bebas visa sempat ditarik selanjutnya menggunakan kebijakan resiprokel.

Ia menjelaskan, sesuai azas resiprokel kebijakan bebas visa kunjungan ini diberikan hanya kepada negara yang memberikan kebijakan bebas visa untuk Indonesia. Seperti di negara ASEAN dan negara lain yang dianggap potensial. Salah satu contoh Australia yang sempat diberikan kebijakan bebas visa kunjungan selanjutnya dicabut karena alasan kebijakan personal.(kup)

BAGIKAN