Pasar Cina Dominasi Kunjungan Wisatawan

28
Wisatawan dari pasar Cina yang meramaikan pariwisata Bali. (kup)  

Denpasar (Bisnis Bali) – Pasar Cina atau Tiongkok akan mendominasi memenuhi kawasan wisata di Indonesia. Ketua DPD Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), Nyoman Astama, Rabu (14/12) mengatakan, pasar Cina juga akan masuk rangking pertama yang  meramaikan pasar pariwisata Bali.

Ia mengungkapkan, pasar Cina akan menggantikan pasar yang lain di posisi pertama. Kunjungan wisatawan  ke Indonesia sudah didominasi wisatawan Tiongkok atau Cina.

Ia menjelaskan, pasar Cina juga akan meramaikan pariwisata Bali. Ini tergantung masalah waktu dan kesiapan Bali dalam menggarap pasar Cina. “Ini masalah waktu, kunjungan wisatawan Cina ke Bali akan menempati rangking satu kunjungan wisman ke Bali,” katanya.

Dipaparkannya, pasar Cina merupakan sumber penghasil kedatangan wisatawan terbesar di Bali. Ini akan berdampak besar pada pendapatan pariwisata Bali. Untuk menyambut kedatangan wistawan Cina, pemerintah mesti menyiapkan  infrastruktur di Bali. “Ke depan, pasar Cina akan menentukan volume kunjungan wisman ke Bali,” katanya.(kup)

BAGIKAN