Megawati Luncurkan PPNSB Badung Dari KBS, 62 Ambulance Desa hingga Laptop bagi 8.636 Siswa Kelas VI  

66

Mangupura (Bisnis Bali) – Bertepatan dengan Purnama Sasih Kanem, Selasa (13/12) kemarin, program implementasi pola pembangunan nasional semesta berencana (PPNSB) Badung diluncurkan. Peluncuran dilakukan Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, di Lapangan Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala.

Turut mendampingi Megawati Soekarnoputri, anggota Komisi X DPR RI yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali I Wayan Koster, Nyonya Bintang Puspayoga, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dan Wabup Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung Putu Parwata bersama Wakilnya Made Sunarta, Kepala Bappeda dan Litbang Wayan Suambara, dan sejumlah bupati di Bali.

Hadir pula kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), para camat, kepala desa/lurah se-Badung dan bendesa adat se-Badung. Acara ini juga dimeriahkan kehadiran siswa kelas VI se-Badung didampingi guru dan kepala sekolah masing-masing.

Peluncuran ditandai penekanan tombol sirena, selanjutnya dilakukan penyerahan secara simbolis berupa pemberian hibah alat-alat mekanisasi pertanian kepada para petani berupa 12 unit hand tractor,  30 unit pompa air, 20 unit rice transplanter dan 10 unit power thresser.

Pemberian alat/perlengkapan penunjang kerja para penyuluh pertanian berupa 45 unit laptop beserta modem dan 45 unit soiltester.

Pemberian hibah barang berupa 100 ekor sapi kepada 21 kelompok ternak sapi, pemberian hibah barang berupa 30 unit alat tenun kepada kelompok perajin.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan pengoperasian 62 unit mobil ambulance desa yang didukung oleh 372 tenaga ambulance, pengoperasian 125 fasilitas kesehatan tingkat pertama yang melayani program krama Badung sehat bekerja sama dengan BPJS kesehatan.

Selanjutnya ada pemberian Kartu Badung Sehat (KBS) kepada 464.622 orang penduduk Kabupaten Badung. Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Badung dengan BPJS Kesehatan Cabang Denpasar tentang penyelenggaraan cakupan semesta program Jaminan Kesehatan Nasional      Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) melalui   Krama   Badung   Sehat   (KBS)   bagi   penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Kabupaten Badung.

Selanjutnya ada pengoperasian 1 unit mobil layanan kesehatan perempuan (deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks), pengangkatan 609 orang tenaga jumatik Kabupaten Badung.

Pada kesempatan itu juga diserahkan laptop kepada 8.636 siswa kelas VI SD negeri se-Kabupaten Badung, pemberian laptop kepada 314 guru kelas VI SD negeri se-Kabupaten Badung.

Selanjutnya, ada pemberian hibah barang berupa 10 unit mobil dump truck kepada 10 desa adat dan 2 unit pick up dump kepada 2 desa adat.

Pemberian hibah barang berupa 122 unit mobil patroli kepada pecalang desa adat se-Kabupaten Badung. Terakhir, pemberian sertifikat lulus uji kompetensi kepada 800 tenaga kerja di sektor pariwisata.

Setelah menyerahkan secara simbolis, Megawati didampingi Bupati Nyoman Giri Prasta, Wabup Ketut Suiasa dan kepala SKPD terkait meninjau fasilitas yang diserahkan. Yang ditinjau antara lain mobil pecalang desa adat, ambulans, serta sejumlah alat-alat pertanian.

Dalam sambutannya, Megawati menilai, dengan pendapatan asli daerah yang cukup fantastis mencapai Rp 4,3 triliun, potensi badung sangat luar biasa. Karena itu, sudah saatnya Badung merancang program prorakyat yang artinya program yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu, Megawati juga sempat memaparkan soal program Tri Sakti yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi serta Berkepribadian di bidang budaya. Walau mengaku tidak anti produk asing atau luar negeri, ujar Megawati, alangkah baiknya jika bangsa Indonesia mampu membuat produk-produk sesuai kebutuhan. ”Dengan kekayaan yang dimiliki bangsa serta negara ini, sudah saatnya Indonesia tidak lagi dijajah oleh produk-produk luar negeri,” katanya.

Sebelumnya Kepala Bappeda dan Litbang Badung Wayan Suambara mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada hadirin sekalian, terutama kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, yang telah berkenan hadir memenuhi permohonan Pemkab Badung guna memberikan pengarahan sekaligus melakukan peluncuran/implementasi Program PPNSB di Kabupaten Badung.

Selanjutnya dia melaporkan, program-program PPNSB yang diluncurkan berdasarkan Perda Kabupaten Badung nomor 15 tahun 2016 tentang perubahan atas peraturan daerah Kabupaten Badung nomor 10 tahun 2016 tentang APBD tahun anggaran 2016.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya acara peluncuran/implementasi program PPNSB ini, katanya, untuk menunjukkan adanya komitmen yang amat kuat dari Pemerintah Kabupaten Badung dalam mengimplementasikan program-program PPNSB sehingga betul-betul dapat dirasakan lansung manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Badung.

Tujuan lainnya, katanya, untuk menyebarluaskan program-program PPNSB kepada masyarakat sehingga mereka dapat memanfaatkan secara optimal pelayanan dasar yang akan diberikan oleh pemerintah daerah. ”Selain itu, untuk memperoleh feedback dari seluruh stakeholders pembangunan Kabupaten Badung dalam upaya peningkatan pelayanan publik,” katanya. (sar/)

BAGIKAN