Seperti tahun-tahun sebelumnya, Natal dan Tahun Baru (Nataru) selalu menjadi momen penting bagi operator selular. Trafik layanan telekomunikasi khususnya layanan data, diprediksi meningkat dibandingkan hari-hari normal. Untuk itu, setiap operator selular tengah bersiap siaga.

PARA operator telekomunikasi selular terpantau telah menyiapkan jaringan supaya tetap prima dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik.

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, memprediksi, seiring dengan makin terbiasanya masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk menelepon dan berkirim pesan, trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS. “Selama Nataru, kami memperkirakan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik pada hari normal. Untuk layanan data, kami perkirakan akan naik sekitar 15-20 persen, voice 5 persen, dan SMS 10 persen,” ujarnya.

Persiapan yang telah dilakukan oleh XL antara lain berupa penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik pada saat Nataru cenderung terjadi di area tertentu.

Terlebih, memasuki usianya yang ke-20, XL makin meningkatkan perannya dalam melayani konsumen telekomunikasi di Indonesia. Salah satunya, XL telah menyiapkan jaringan 4G LTE untuk menyelenggarakan layanan mobilebroadband. “Kami selalu berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam membangun infrastruktur jaringan mobilebroadband di Indonesia. Kini memasuki usia yang ke-20, kami terus menggencarkan kesiapan jaringan termasuk layanan mobilebroadband yang menyertainya sebagai bagian dari kontribusi kami membantu pemerintah membangun masyarakat menuju Indonesia unggul,” katanya.(aya)

BAGIKAN