Harga Cabai Kecil kembali Melonjak

11
salah seoarang pedagang bumbu di Pasar Badun,  sedang merapikan dagangannya. Harga cabai dikatakannya naik kembali (wid)

Denpasar (Bisnis Bali) – Harga cabai di pasaran terutama cabai kecil kembali melonjak, yang beberapa hari terakhir sempat mengalami penurunan. Saat ini harga cabai kecil mencapai Rp60.000 per kilogram dari sebelumnya sempat Rp35.000 per kilogram.

Hal ini diungkapkan salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Badung, Ni Ketut Murci,  Senin (12/12) kemarin.  Dia mengatakan, harga cabai mulai naik kembali sejak sehari sebelumnya yang pengaruh cuaca masih menjadi penyebab terjadinya naik turun harga.

“Cuaca yang ekstrem akhir-akhir ini membuat petani cabai merugi,  dan pasokan juga sedikit,  sehingga kami mengandalkan pasokan dari Jawa dan Lombok saat ini,” katanya.

Dia juga menjelaskan, perayaan hari rraya Islam juga mempengaruhi kenaikan harga cabai di Bali saat ini.  Menurutnya,  sebagaian buruh di Jawa dan Lombok sedang merayakan hari raya,  sehingga tidak bisa memanen cabai yang membuat pasokam cabai berkurang. “Kemungkinan harga tinggi ini akan hanya terjadi hari ini (kemarin-red)  dan besok yang mudah-mudahan setelah ini harganya normal kembali,” katanya. (wid)