Dukung Pembangunan Pura Dalem Sayan Sibanggede Bupati Giri Prasta Buka Lomba Mancing Air Deras di Subak Duaji, Sibanggede

24
ist MANCING - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wabup I Ketut Suiasa saat menghadiri lomba mancing air deras di saluran irigasi Subak Duaji, Desa Sibanggede, Kecamatan Abiansemal, Minggu (11/12). ist MANCING - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wabup I Ketut Suiasa saat menghadiri lomba mancing air deras di saluran irigasi Subak Duaji, Desa Sibanggede, Kecamatan Abiansemal, Minggu (11/12).

Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wabup I Ketut Suiasa dan anggota Komisi X DPR RI I Wayan Koster menebar ikan lele sebagai tanda dibukanya lomba mancing air deras di saluran irigasi Subak Duaji, Desa Sibanggede, Kecamatan Abiansemal, Minggu (11/12) lalu. Kegiatan ini digelar oleh krama pengempon Pura Dalem Sayan, Sibanggede sebagai upaya penggalian dana pembangunan pura tersebut. Acara mancing yang diikuti ribuan penghobi mancing mania tersebut juga dihadiri anggota DPRD Badung Made Wiradana dan Ponda Wirawan, Sekcam Abiansemal, Bendesa Adat dan Perbekel Sibanggede, Pekaseh Subak Duaji serta prajuru Banjar Senggu, Sibanggede.
Bupati Giri Prasta sangat mengapresiasi kegiatan lomba mancing air deras yang dilaksanakan krama pengempon Pura Dalem Sayan, Sibanggede. Pemkab Badung juga akan mendukung rencana pembangunan Pura Dalem Sayan ini. “Saya Bupati Badung bersama Wakil Bupati senantiasa mendukung pembangunan Pura Dalem Sayan. Nanti kami akan bantu melalui dana hibah,” tegasnya. Giri Prasta juga menilai lomba mancing ini memiliki nilai positif. Pertama, melalui kegiatan ini akan terciptanya kebersihan dan keasrian dari pada saluran irigasi subak dari hulu hingga hilir, khususnya irigasi subak Duaji. Hal ini juga sangat sejalan dengan prinsip dasar pembangunan Badung yang pro dengan lingkungan (pro invironment). Kedua, selain dalam upaya penggalian dana, lomba mancing ini juga sebagai wadah penyaluran hobi bagi para pencinta mancing mania. Ketiga, akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, dalam hal ini peternak lele akan mendapat imbas ekonomi dari kegiatan ini.
Sebagai wujud dukungan atas kegiatan mancing tersebut, Bupati Giri Prasta secara langsung menyerahkan bantuan Rp 20 juta yang diterima Ketua Panitia I Wayan Arsa. Tak cukup sampai di situ, Bupati yang dikenal bares ini juga memberikan tambahan hadiah uang kepada para pemenang lomba dan tambahan uang untuk hadiah hiburan.
Sementara itu Ketua Panitia Wayan Arsa mengakui, kegiatan lomba mancing air deras ini memang dilaksanakan serangkaian penggalian dana untuk pembangunan di Pura Dalem Sayan. “Kami sampaikan terima kasih kepada Bupati yang sudah mendukung kegiatan ini serta para donatur dan partisipasi dari masyarakat pemancing yang ikut menyukseskan kegiatan ini,” katanya.

Dijelaskan, Pura Dalem Sayan kaempon 35 KK, namun pelinggih yang terdapat di pura ini cukup banyak dan lengkap. Mulai pelinggih khayangan tiga (Ratu Gede Desa, Puseh dan Dalem), termasuk penyawangan khayangan jagat seperti penyawangan Dalem Ped, Gunung Batur, Ulun Danu Batur, Gunung Agung, Pucak Merta Kedipat, Pucak Manik Gringsing dan penyawangan Pucak Padang Dawa. “Terkait keberadaan Pura Manik Gringsing sampai saat ini belum diketahui tempatnya. Kami sudah mencari pura tersebut sejak tahun 2007 namun belum diketahui keberadaannya,” jelasnya. Untuk piodalan di Pura Dalem Sayan dilaksanakan dua kali dalam 6 bulan yakni bertepatan dengan Galungan dan Anggara Kasih Medangsia. Mengenai rencana pembangunan, akan dilaksanakan perbaikan natar/halaman pura dengan menggunakan batu candi serta bangunan bale pesandekan. Kedua pembangunan ini direncanakan menghabiskan biaya Rp 200 juta. (sar/)

BAGIKAN