Ketika Desain Inovatif Menjadi Penentu Pasar

13
  ist INOVATIF - Desain inovatif menjadi penentu pasar. Tampak salah satu desain ukiran kayu Bali yang sangat diminati.

Masih banyak masyarakat tidak memahami pentingnya desain suatu produk, apalagi pada produk yang memang mengandalkan penampilan. Maka kesan menarik akan datang dari desain produk itu sendiri. Belakangan ini, walaupun kondisi pelesuan ekonomi, produk dengan desain inovatif tetap diburu konsumen. Lantas apa yang mesti dilakukan?

UNTUK menciptakan barang atau  produk selalu diawali dengan membuat desain. Desain dibuat langsung oleh perajin dan langsung dituangkan dalam bentuk produksi. Ada pula desain dibuat desainer dengan membuat sket, prototipe kemudian baru diberikan perajin selaku produsen dan berbentuk apa yang diinginkan. Maka itu peran desain sangat mendominasi laku dan tidaknya produk, apalagi desain yang ada kental dengan sentuhan nilai seni tinggi. Dengan begitu, semua produk yang dibuat dan dihasilkan  mampu menarik keinginan masyarakat.
Ketua Asosiasi Eksportir dan Handicrafts Indonesia (Asephi) Bali, I Ketut Dharma Siadja menyebutkan, peran desain dalam pemasaran aneka produksi ke pengguna langsung sangat menentukan, kemudian baru konsumen mempertimbangkan kualitas bahan. ”Pertama konsumen tertarik dengan penampilan produksi. Kalau desainnya menarik, konsumen akan menanyakan berkaitan lainnya. Namun yang jelas sampai sekarang produk inovatif tetap laku di pasaran,” jelasnya sambil berharap pada para pelaku usaha kerajinan mengembangkan motif dan desain produk. Desain yang inovasi selalu menjadi pilihan pembeli.
Selama ini barang/produksi lahir berawal dengan desain. Paling tidak, semua orang yang mampu menghasilkan produk dapat dipastikan sudah ada gambaran (sket tertulis atau sket dalam pikiran) yang disebut desain konvesional/otodidak. Kemudian desain dituangkan dalam media sehingga menghasilkan produk sesuai keinginan penciptanya. Umumnya kondisi itu terjadi secara terus menerus, baik dilakukan perorangan secara otodidak maupun melalui kreativitas para desainer. Peran desain sebagai penentu terbentuknya suatu barang/produk yang akhirnya diminati konsumen. Bayangkan produk tanpa desain, berbentuk apakah?  (sta)

BAGIKAN