Diskop UKM Denpasar Setor 9 Koperasi ke Kemenkop UKM untuk Dibubarkan  

19

Denpasar (Bisnis Bali) – Di Kota Denpasar sampai saat ini ada 1.090 unit koperasi. Dari banyaknya koperasi tersebut, ada lebih dari 100 koperasi yang tergolong tidak aktif. Sesuai rencana sebelumnya untuk tahun 2016 akan dibubarkan sebanyak 20 koperasi. Saat ini, Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar mengirim 9 koperasi ke Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk dibubarkan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena, S.E., M.Si., Jumat (9/12).

Menurut Erwin Suryadarma, koperasi ke depan mesti berkualitas. Di samping itu, guna meningkatkan kepercayaan masyartakat, maka koperasi yang tidak aktif segera dibubarkan. Apalagi pemerintah pusat sudah mengambil alih pembubarannya, pemerintah daerah hanya memberikan data koperasi yang tidak aktif beserta data-data pendukung pembubaran sesuai aturan.

Oleh karena itu, penting koperasi semuanya melakukan penguatan manajemen usaha koperasi.

”Selama ini data yang ada memang masih banyak ada koperasi yang tidak aktif. Kami melakukan pendataan awal ada 100 koperasi lebih yang tidak aktif. Dari banyaknya koperasi yang akan dibubarkan, tiap tahunnya akan direkomendasi sebanyak 20 koperasi. Hanya saja kami masih kendala tenaga untuk mencari data valid ke lapangan, sehingga tidak gegabah memberikan rekomendasi kepada pusat,” katanya.(sta)

BAGIKAN