Silat Dosman Sabet Juara Umum Kejurnas  

6
 SMAN 1 Gianyar (Dosman) sukses meraih juara umum tingkat SMA dalam kejuaraan nasional silat perisai diri antar pelajar III yang berlangsung di GOR Debes, Tabanan. (kup/)   

Gianyar (Bisnis Bali) –  SMAN 1 Gianyar (Dosman) sukses meraih juara umum tingkat SMA dalam kejuaraan nasional silat perisai diri antarpelajar III yang berlangsung di GOR Debes Tabanan. Dalam kejurnas tersebut, Dosman menggondol hampir seluruh medali emas, dengan rincian 8 emas, perak dan perunggu masing-masing 1 medali, sekaligus berhak atas piala bergilir Sultan Hamengkubuwono X.

Pelatih silat Dosman Anak Agung Juniawan, Kmis (8/12) mengatakan, capaian prestasi tersebut tidak terlepas dari kerja keras anak didiknya, yang tidak pernah letih untuk berlatih, serta menggenjot skill dan fisik secara intensif selama dua bulan.

‘’Hal yang sangat membanggakan, yakni Dosman berhasil menyisihkan ratusan konstentan di seluruh Indonesia, bahkan Australia, Timor Leste, dan Malaysia. Capaian ini patut disyukuri,” ucapnya.

Lebih lanjut Agung Juniawan mengatakan, Dosman berhasil meraih emas dalam kategori Persilatan Perisai Diri (2 medali), teknik asli Garuda putra putri emas (2 medali), dan perorangan (1 medali), perpasangan senjata kipas, perpasangan senjata toyak, dan perpasangan tangan kosong. Teknik yang menjadi penilaian meliputi power, ketepatan gerak, kecepatan dan sasaran. ”Ke seluruh aspek tersebut, kami atasi dengan sempurna,” katanya.

Menurutnya, saat ini potensi olahraga silat di Kabupaten Gianyar menuju arah yang menggembirakan. Antusias generasi muda pun  kian tinggi untuk belajar mengenal teknik bela diri tersebut.

Silat tidak hanya sebagai modal membela diri, tetapi juga dapat mengasah mental diri, untuk mengenal kemampuan diri lebih jauhlagi. “Yang terpenting, dalam silat itu tidak boleh ada kesombongan, harus rendah hati,” ucap Guru asal Sengguan, Gianyar itu.

Secara khusus, Gung Juniawan juga menyampaikan apresiasi terhadap alumni-alumni Dosman yang turut men-support moril dan materiil terhadap partisipasi pihaknya dalam kejurnas tersebut. Di antaranya, ada nama Anak Agung Bharata (Bupati Gianyar), Made Mahayastra (Wakil Bupati Gianyar), Ida Bagus Gaga Adi Saputra (Sekda Gianyar), Ida Bagus Rai (Anggota DPRD Kabupaten Gianyar), dan banyak lagi alumni Dosman lainnya. (kup/)