Pemkab Gianyar Raih Predikat Kepatuhan Tinggi dari ORI  

14

Gianyar (Bisnis Bali) – Kerja keras Pemkab Gianyar memberikan layanan prima kepada masyarakat mendapat apresiasi dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Kabupaten Gianyar menerima Predikat Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai Undang-undang No. 25 Tahun 2009, tentang Pelayanan Publik.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Ombudsman Republik, Prof. Amzulian Rifai, S.H, LLM, Ph.D. kepada Bupati Gianyar, Anak Agung Gede Agung Bharata di Jakarta, Kamis  (8/12) kemarin.

Amzulian Rifai menjelaskan, penghargaan diberikan atas Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik yang dilakukan terhadap produk pelayanan administrasi di Pemkab Gianyar. Dari 52 produk layanan administrasi yang dinilai selama Mei sampai Agustus 2016, Gianyar memperoleh zona hijau dengan predikat kepatuhan tinggi.

Adapun istansi yang meraih predikat hijau atau tinggi adalah Badan Lingkungan Hidup, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan, Dinas Sosial, Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi. Sementara beberapa pelayanan publik yang mendapat nilai pelayanan sedang dan rendah adalah di Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.

Bupati Gianyar Anak Agung Gede Agung Bharata menyampaikan penghargaan ini, tentunya menjadi motivasi bagi Pemkab Gianyar untuk lebih meningkatkan pelayanan prima di seluruh instansi di Pemkab Gianyar. Dengan adanya penilaian dari penghargaan ini, akan dilakukan upaya evaluasi dan perbaikan untuk membuat yang publik yang lebih baik lagi di Kabupaten Gianyar. Untuk itu, Bupati Agung Bharata juga mengajak agar seluruh masyarakat agar menyampaikan pengaduan bilamana ada pelayanan perlu dibenahi bersama. (kup/)