Kosmetik Palsu Marak, Masyarakat Dituntut Cerdas Belanja ’’Online’’

9

Denpasar (Bisnis Bali)-  Kosmetik palsu juga banyak beredar di pasaran saat ini, terutama penjualan melalui media online yang dirasakan makin marak dan cukup susah untuk diawasi. Dengan demikian, masyarakat dituntut harus jeli memperhatikan kosmetik yang dibeli melalui media online.

Berdasarkan hasil pengamatan pada beberapa media sosial, yang penggunanya banyak menawarkan produk kecantikan dengan harga murah. Padahal, jika dibandingkan dengan harga produk yang sama pada tempat belanja yang memiliki kulifikasi penjualan kosmetik legal, harganya bisa mencapai dua bahkan tiga kali lipat. Sehingga hal ini perlu dicurigai kosmetik yang dijual adalah, kosmetik palsu, yang mungkin saja terdapat kandungan berbahaya di dalamnya.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Denpasar, Endang Widiowati, ini mengatakan, terkait dengan peredaran kosmetik palsu yang beredar lewat media online, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hal tersebut. Seperti halnya, mengawasi situs-situs yang melakukan penjualan online, menyamar sebagai pembeli produk yang dijual secara online, operasi yang rutin dilakukan setiap tahun, hingga bekerjasama dengan Interpol.  (wid)

BAGIKAN