*Dukung Sektor Pertanian Pemkab Tabanan akan Tambah Alokasi Dana Perbaikan Irigasi

4

Tabanan (Bisnis Bali) –
Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Dinas Pekerjaan Umum berencana akan menambah alokasi dana untuk perbaikan saluran irigasi dalam kaitannya mendukung sektor pertanian. Tak tanggung-tanggung penambahan tersebut mencapai Rp 17 miliar pada 2017 nanti. Di mana kondisi tersebut meningkat dari sebelumnya yang hanya mencapai Rp 9 miliar pada 2016.

Kepala Dinas PU Tabanan,  I Gusti Ngurah Anom Antara, belum lama ini mengungkapkan, dana perbaikan irigasi tersebut bersumber dari dana DAK. Imbuhnya, adapun jenis perbaikan yang disasar adalah adalah rehabilitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi.
“Saat ini Kabupaten Tabanan setidaknya memiliki 242 daerah irigasi. Dari jumlah tersebut 194 daerah irigasi di antaranya merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Kabupaten Tabanan,” tuturnya.
Anom menjelaskan, nantinya dalam pelaksanaannya atau untuk bisa mendapatkan dana tersebut, pihak Subak maupun masyarakat bisa mengajukan proposal ke dinas untuk kemudian ditindak lanjuti dengan pengecekan ke lapangan. Ada pun syarat utama perbaikan adalah pada daerah irigasi yang kerusakannya pada jaringan utama.(man)