Momen pergantian tahun, Bali diprediksi akan masih menjadi tujuan liburan wisatawan domestik dan mancanegara. Kebutuhan uang pun diyakini akan meningkat menjelang hari raya Natal dan persiapan Tahun Baru (Nataru) 2017. Bagaimana dengan kesiapan perbankan?

SAMA seperti momen hari raya besar keagamaan lainnya, pada momen Nataru diprediksi akan ada lonjakan kebutuhan masyarakat maupun dari pelaku usaha yang berkaitan dengan dunia pariwisata. Itu tidak terlepas dari dunia pariwisata Bali yang masih menjadi favorit wisatawan. Ini pula melatari peningkatan kebutuhan uang kartal pada Desember ini, selain disebabkan oleh beberapa hari raya keagamaan juga dipengaruhi oleh libur akhir tahun.

Berdasarkan proyeksi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali dan info dari perbankan, kebutuhan uang selama Desember 2016 (untuk kebutuhan akhir tahun) di Bali mencapai Rp 2,8 triliun. Kebutuhan dana akhir tahun ini meningkat dibandingkan kondisi sama tahun lalu yang mencapai Rp 2,1 triliun.

Kendati kebutuhan uang akan meningkat pada momen Nataru ini, Kepala KPw BI Bali Causa Iman Karana menilai, tidak akan terjadi kekurangan dana. (dik)

BAGIKAN