Badung Raih Dua Penghargaan Pelayanan Publik dari Ombudsman  

11
ist PENGHARGAAN - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Pelayanan Publik yang diterima langsung Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (7/12) lalu. 

Mangupura (Bisnis Bali) –Upaya Pemerintah Kabupaten Badung memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya dalam bidang pelayanan publik berbuah manis. Ombudsman Republik Indonesia memberikan dua penghargaan sekaligus kepada Kabupaten Badung, atas keberhasilannya memberikan suguhan pelayanan publik.

Kabupaten Badung dinyatakan sebagai yang terbaik se-Indonesia dalam Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pelayanan Publik, kemudian Pemerintah Kabupaten Badung juga mendapatkan penghargaan terbaik tingkat Kabupaten se-Indonesia, dalam Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pemahaman Publik Pelayanan Terbaik.

Penghargaan Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pelayanan Publik se-Indonesia ini diserahkan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla diterima Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, sedangkan penghargaan Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pemahaman Publik Pelayanan Terbaik tingkat Kabupaten se-Indonesia diserahkan oleh Ketua Ombudsman RI Prof. Amzulian Rifai, S.H., LLM, Ph.D., pada acara  Penganugerahan Predikat Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik Sesuai UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (7/12) lalu.

Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakatnya. “Pemerintah daerah sebenarnya adalah pelayan masyarakat. Jadi harus memberikan pelayanan yang baik, mudah, tepat dan efisien,” kata Wapres.

Kepada penerima penghargaan Wapres berpesan agar tidak berpuas diri. Mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Di sisi lain Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai menyatakan, pemberian penghargaan berdasarkan beberapa kategori penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan publik di masing-masing pemerintah daerah. Dikatakannya, di era kekinian pelayanan publik yang baik adalah sebuah keharusan yang diberikan pemerintah kepada masyarakatnya. “Pelayanan publik yang baik bisa menggambarkan bagaimana kualitas pemerintah, sekaligus menunjukkan kualitas bangsa dan negara ini,” katanya.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyatakan, dua penghargaan terbaik yang diberikan Ombudsman RI kepada pemerintah Kabupaten Badung dianggapnya sebagai tantangan. “Penghargaan jangan lantas membuat kita berbangga dan berbesar hati. Justru menjadi cambuk dan penyemangat, bagaimana ke depannya kita bisa memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Bupati.

Ditambahkannya, Pemerintah Kabupaten Badung melalui SKPD yang terkait dengan pelayanan publik seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT), serta unit teknis lainnya, telah berlomba-lomba menyusun program-program inovatif. Yang bertujuan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, memberikan pelayanan prima, tepat, cepat, murah bahkan tanpa biaya, seperti pelayanan administrasi kependudukan.

“Sesuai motto kita dalam memberikan pelayanan, harus dilakukan dengan senang hati, sepenuh hati, dan berhati-hati,” kata Bupati. (sar/)

BAGIKAN