Monumen Jagaraga, Wisata Sejarah Kepahlawan di Buleleng  

7

Singaraja (Bisnis Bali) –  Kabupaten Buleleng memiliki berbagai warisan sejarah. Hal tersebut menguatkan komitmen pemerintah kabupaten (pemkab)  dalam pembangunan monumen pahlawan agar generasi muda tidak hanya mendengar cerita sejarahnya saja tapi juga  mengetahui secara detail lewat monumen yang dibangun.

Salah satu cerita sejarah perjuangan pahlawan Buleleng yang merupakan perang terbesar dan pertama di daerah ini yakni terjadi tahun 1847  – 1849. Dalam perang tersebut  berkaitan erat dengan  sosok Patih Jelantik dan Jero Jempiring dengan teknik perang supit urang yang kini untuk mengenang kisah heroik tersebut  dibangunlah  monumen tersebut  di Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan, Buleleng.

Monumen tersebut lokasinya persis berada di lokasi pertempuran benteng pertahanan Gusti Jelantik dan Jro Jempiring.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng,  Drs. Gede Komang, M.Si., keberadaan monumen ini nantinya diharapkan mampu memberikan wawasan tentang  filosofi perang Jagaraga. “Perang Jagaraga merupakan perang yang memberikan fibrasi dan motivasi kepada raja-raja di Buleleng untuk membakar semangat juang dan nasionalisme,” jelasnya.(ira)