Bank Sambut Baik ”Capping” Suku Bunga Kartu Kredit  

10

Denpasar (Bisnis Bali) – Perbankan di Bali menyambut baik kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan batas atas atau capping suku bunga kartu kredit. Pengelola bank meyakini capping suku bunga kartu kredit dari saat ini 2,95 persen menjadi 2,25 per bulan atau 26,95 persen per tahun akan memberikan manfaat positif bagi perbankan.

Pemimpin BNI Kanwil Denpasar, AAG Agung Dharmawan di Renon, Rabu (7/12) kemarin mengatakan, pihaknya tidak ada masalah terkait kebijakan BI terkait capping suku bunga kredit. Malah sebaliknya, dengan adanya capping suku bunga kredit akan membawa keuntungan bagi perbankan.

“Kami kira ada dua keuntungan yang dirasakan perbankan dari capping suku bunga kredit yang akan menjadi 2,25 persen,” katanya.

Keuntungan pertama, kata Agung Dharmawan, yaitu menstabilkan perang tarif yang terjadi antarbank. Kedua, menekan tingkat kemacetan pembayaran kartu kredit atau meminimalisasi rasio kredit macet atau nonperforming loan pada kartu kredit.

“Keuntungan bagi bank tersebut sudah tentu kami sangat mendukung kebijakan ini, apalagi ini seragam berlaku seluruh perbankan,” ujarnya.(dik)

BAGIKAN