BPD Bali Cabang Singaraja Gelar Silaturahmi dengan LPD di Buleleng Tingkatkan Kerja Sama dan Sinergi  

16
SILATURAHMI - BPD Bali Cabang Singaraja foto bersama dengan kepala LPD se-Kabupaten Buleleng dan LPLPD Buleleng dalam kegiatan silaturahmi akhir tahun.  (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Bank BPD Bali Cabang Singaraja optimistis pencapaian laba akhir tahun ini sesuai dengan target yang telah dicanangkan, kendati kondisi ekonomi global dan domestik mengalami perlambatan. Dalam hal ini untuk mempererat kerja sama yang sudah terjalin bersama dengan sejumlah Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kabupaten Buleleng, BPD Bali Cabang Singaraja menggelar silaturahmi akhir tahun bersama dengan seluruh pengurus Badan Kerja Sama (BKS), LPLPD dan kepala LPD di Buleleng  yang diselenggarakan di Rumah Makan Sari Mina Segara, Selasa (6/12).

Melalui silaturahmi ini, diharapkan saling membantu dalam pencapaian target menjelang akhir tahun 2016. Acara yang berlangsung selama dua jam tersebut membahas kerja sama antar-LPD dengan Bank BPD Bali Cabang Singaraja agar terus ditingkatkan baik melalui peningkatan dana  dalam rangka pencapaian target akhir tahun dengan melihat kontribusi antar-BPD dan LPD untuk jangka panjang.

Kepala Cabang BPD Bali, I Made Lestara Widiatmika,S.E., didampingi Kasi Dana dan Jasa, I Made Badra, S.E., Selasa (6/12) usai acara silaturahmi mengatakan, adapun tujuan kegiatan yang bekerja sama dengan BKS serta kepala LPD se-Buleleng ini tiada lain untuk menjalin kerja sama yang lebih erat lagi di samping kerja sama antara BPD dan LPD yang sudah terjalin dari sejak berdirinya LPD khususnya dalam peningkatan pencapaian target di akhir Desember 2016.

“Kerja sama antar LPD dan BPD  dari dulu sudah sangat erat sekali dan saya memberikan pelayanan yang  terbaik terkait apapun kegiatan LPD yang sebagian besar dananya dan rekeningnya di BPD Bali Cabang Singaraja yang sama-sama ada timbal balik dalam rangka BPD dan LPD agar tetap bersinergi. Untuk itu kami harapkan saling men-support dan saling bersatu bersama BPD Bali, khususnya dalam rangka pencapaian target akhir tahun  dan untuk menjaga dana dari pihak ketiga di BPD Bali Cabang Singaraja,” katanya.

Ia berharap, dalam rangka peningkatan dana itu diharapkan LPD yang ada di Buleleng dan BPD tetap bersatu selain itu LPD harus tetap sehat ke depannya dengan mengelar pelatihan yang juga di-support oleh BPD itu sendiri.

Sementara itu, Kepala Badan Kerja Sama (BKS) LPD Kabupaten Buleleng, I Made Nyiri Yasa,S.Sos., M.MA., yang juga sebagai Kepala LPD Desa Ambengan Kecamatan Sukasada mengatakan, sesuai fungsi BKS tiada lain untuk menampung aspirasi beberapa pengelola LPD kemudian rapat serta komunikasi, mencari solusi, bantuan pemerintah dalam saat pembinaan LPD, selain itu di sisi lain BKS LPD sebagai wujud kerja sama dengan menyelenggarakan pelatihan bekerja sama dengan LPD yang ada salah satunya yang saat ini sedang diusulkan yakni pelatihan analis kredit di mana bertujuan untuk bagaimana seorang analis profesional dalam menganalisa para pencari kredit untuk meminimalisir terjadinya kredit macet, selain itu juga usulan adanya Lembaga APEK LPD di Bali di mana suatu lembaga penyangga dari pada liquiditas ketika sedikit kekurangan liquiditas sudah ada yang mengatasi. “Jika menemukan masalah dalam kepengurusan manajemen agar tidak lepas tanggung jawab, ada baiknya bermusyawarah dalam pengelolaan LPD demi kebaikan bersama dalam membangun LPD lebih maju lagi, kalau BKS bisa membantu pasti kita bantu,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dalam pengelolaan LPD harus dilandasi dengan kejujuran , disiplin, terbuka, komunikasi dan pergaulan yang menjadi satu dalam kebersamaan antar-LPD. “Dengan demikian, kita rileks dalam pengelolaan LPD,” katanya.

Sementara itu, BKS LPD Buleleng saat ini merencanakan pelatihan tentang IT core banking kepada seluruh staf dan karyawan LPD dengan harapan adanya pelatihan yang diterapkan kepada staf LPD ini nantinya mampu menerapkan sistem terkontrol rapi dan transparan. (ira)

BAGIKAN