Disperindag Tabanan Dorong IKM Kantongi Izin PIRT

9
Sejumlah produksi IKM di Kabupaten Tabanan yang belum mengantongi ijin PIRT (man)

Tabanan (Bisnis Bali) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tabanan mendorong para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di daerah lumbung pangan mengurus ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) untuk memastikan makanan maupun minuman yang diproduksi aman dikonsumsi.

Saat ini Kabupaten Tabanan memiliki banyak IKM yang memiliki potensi berbagai produksi pangan, namun beberapa belum mengantongi izin PIRT karena berbagai alasan.

“Bercermin dari potensi usaha yang ada di Kabupaten Tabanan, kami hingga kini terus mendorong para pelaku usaha khususnya IKM untuk sesegera mungkin melengkapi usaha dengan ijin PIRT,” tutur Kepala Disperindag Kabupaten Tabanan, IB., Made Wiryawan, Senin (5/12).

Ia menerangkan, adanya nomor PIRT pada produk pangan industri rumah tangga, maka selain terjamin keamanannya, di sisi pemasaran juga akan lebih mudah untuk menjangkau semua usaha termasuk menyasar toko modern. Imbuhnya, saat ini semua toko modern yang hendak menerima produk pangan rumah tangga mensyaratkan harus ada PIRT-nya, maka mau tidak mau IKM harus mengikuti ketentuan tersebut. (man)