Perkuat Tebing di Jalan Longsor di Angantiga BMP Lakukan Pengeboran  

9

Mangupura (Bisnis Bali) – Penanganan longsor di Jalan Angantiga, Petang mulai dikerjakan oleh Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Badung. Minggu (4/12) kemarin, pekerja proyek tersebut mulai melakukan pengeboran untuk membuat fondasi senderan tebing.

Kepala Bidang Pengairan Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Badung, AA Gede Dalem mengungkapkan, dari kejadian longsor tepatnya  ketika Bupati perintahkan penanggulangan, pihaknya langsung mengambil langkah-langkah perbaikan. “Hari itu juga yakni pada 18 November lalu, kami melakukan pengukuran topografi dilanjutkan  dengan perencanaan penyelidikan mekanika tanah dengan Poltek Bali. Kemudian  kami lakukan pengeboran pengambilan sampel tanah pada  29 November 2016,” ujarnya.

Ia menjelaskan, rencana pada 1 Desember lalu, pihaknya melakukan mobilisasi alat berat untuk pengalihan saluran irigasi agar tak masuk ke lokasi jebol dan pembuatan lantai kerja. Tetapi, malamnya terjadi jebol lagi sehingga memutus total jalan dan mengubah kontur jebolnya tebing sehingga mengubah strategi penanganan. ”Dari tanggal 3 Desember kami  sudah melakukan pengeboran untuk perkuatan tebing. Ada empat titik lokasi yang dibor dan hari ini (kemarin-red) akan ditambah lima titik bor lagi dan setelah itu dikucur air semen lalu dicor,” paparnya.(sar)

BAGIKAN