Penyaluran Kredit UMKM Meningkat  

7

Denpasar (Bisnis Bali) – Komitmen perbankan dalam mendukung pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pensiunan PNS serta TNI/Polri sangat serius. Itu terbukti penyaluran kredit UMKM mengalami peningkatan hingga Oktober 2016 sebagai upaya memperkuat kemandirian nasional dan meningkatkan daya saing.

Direktur Bank Mantap Nurkholis Wahyudi di Renon, Minggu (4/12) kemarin mengatakan, sebagai perusahaan anak Bank Mandiri dan Taspen, Bank Mantap telah menyalurkan kredit UMKM mencapai Rp 2,73 triliun atau tumbuh 219,64 persen yoy.

“Kredit tersebut disalurkan untuk pembiayaan kredit retail Rp 1,07 triliun dan kredit mikro Rp 1,02 triliun,” katanya.

Cak Nur (sapaan akrabnya-red) menerangkan, UMKM yang kuat akan menjadi tulang punggung perekonomian nasional, terutama dalam menjawab tantangan geografis Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau yang tersebar luas. Karena itu, bank akan terus konsisten dalam membantu pelaku usaha untuk melakukan ekspansi bisnis.

Bank juga akan terus memperkuat peran sebagai lembaga intermediasi untuk mendorong perekonomian nasional. Hal itu ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit secara tahunan 198,35 persen pada Oktober 2016 menjadi Rp 3,98 triliun dari Rp 1,33 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.(dik)

BAGIKAN