Intens Dukung UKM Badung Raih Penghargaan Natamukti Satria  

7
ist NATAMUKTI – Wakili Bupati,  Kadiskoperindag dan UKM Badung I Ketut Karpiana menerima Natamukti Satria dari ICSB Indonesia di ruang pertemuan Harris and Resident Kuta Bali, Selasa (29/11) malam.

Mangupura (Bisnis Bali) – Di pengujung November 2016, Pemerintah Kabupaten Badung kembali meraih penghargaan Natamukti Satria dari Internasional Council for Small Business (ICSB) Indonesia. Penghargaan ini merupakan keberhasilan kabupaten/kota se-Indonesia dalam mempromosikan kearifan lokal dan menciptakan investasi UMKM di daerah. Pemberian penghargaan ini juga untuk pendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Penghargaan diberikan langsung President of ICSB Indonesia yang juga President Elect of ACSB Hermawan Kertajaya yang merupakan staf khusus Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia dan diterima Bupati Badung yang dalam kesempatan tersebut diwakili Kadiskoperindag dan UKM Badung I Ketut Karpiana.

Acara dilaksanakan di ruang pertemuan Harris and Resident Kuta Bali yang dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia AA Ngurah Puspayoga serta para bupati dan wali kota se-Indonesia.

“Sebagai bentuk keberpihakan pada UMKM, kami berharap seluruh kabupaten/kota sebagai  motivator mendorong para penggerak ekomomi kerakyatan UMKM di seluruh desa, kelurahan dan kecamatan  bisa berjalan dan tetap hidup dan bergerak untuk membawa hidup masyarakat yang lebih sejahtera. Kami yakin pemberian penghargaan ini akan memberikan inspirasi dan dorongan kepada pemerintah Kabupaten Kota secara umum untuk lebih meningkatkan UMKM yang pada akhirnya dapat meningkatakan penggerak UMKM secara nasional,“ ucap Hermawan Kertajaya, Selasa (29/11) malam.

Untuk mendukung pengembangan UMKM secara berkelanjutan, melalui Diskoperindag Kabupaten Badung, Pemerintah Kabupaten Badung mengimplementasikan kiat-kiat dan  strategi yaitu dengan memperluas dan memperdalam infrastuktur keuangan dengan mendorong infrastruktur keuangan pendukung antara lain melalui inisiasi pilot project peningkatan UKM serta mendorong fungsi intermediasi kepada UMKM di seluruh Kabupaten Badung, mendorong peningkatan kapasitas UMKM agar menjadi feasible dan bankable. Antara lain melalui program pengembangan wirasausaha dan pelatihan pencatatan transaksi keuangan sederhana dan pelatihan-pelatihan serta menyediakan kajian dan informasi untuk mendukung akses pembiayaan dan penyaluran hasil produksi UMKM agar tetap setabil.

Di sela-sela penerimaan penghargaan Kadis Diskoperindag Badung I Ketut Karpiana mengatakan, penghargaan ini merupakan sebuah cambuk untuk selalu menggali dan memberikan yang terbaik bagi para pelaku dan penggerak ekonomi kerakyatan di Kabupaten Badung. Ini membuktikan betapa kepedulian Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta untuk membangun Badung yang kuat dan sejahtera dengan menghidupkan perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan juga bisa dilaksanakan dari desa, kelurahan dan kecamatan. Ini semua untuk mewujudkan desa yang mandiri di Kabuten Badung.