Inovasi Kerajinan ’’Pis Bolong” Jadikan Produk Bernilai Jutaan Rupiah 

57
Salah satu kerajinan yang terbuat dari pis bolong (wid)

Semarapura (Bisnis Bali) –  Uang kepeng atau di Bali dikenal dengan istilah pis bolong menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat Bali yang digunakan untuk upakara. Tak kalah menarik, pis bolong ini juga diminati oleh wisatawan mancanegara yang telah dimodifikasi menjadi produk kerajinan yang bernilai jutaan rupiah per pcs.

Salah seorang yang membidangi kerajinan pis bolong, I Made Sukma Swacita, belum lama ini mengatakan, dijadikannya pis bolong ini sebagai kerajinan yang bernilai jutaan rupiah ini, guna mengembangkan pemasaran karya masyarakat Bali. Menurutnya, dengan kerajinan yang dimodifikasi sedemikian rupa yang mampu menarik minat masyarakat, khususnya wisatawan mampu meningkatkan hasil penjualan.

“Dengan cara ini kami mendapatkan keuntungan yang lebih, sehingga produk pis bolong kepingan yang biasanya kami jual kepada masyarakat Bali untuk keperluan upacara, bisa kami jual dengan harga lebih terjangkau,” katanya.
Ada pun berbagai jenis kerajinan yang dipasarkannya seperti patung yang berbentuk dewa-dewi, miniatur rumah adat Bali, plangkiran, keben hingga alat-alat upacara lainnya. Dan yang paling diminati masyarakat khususnya wisatawan yaitu berupa patung dewa-dewi.  (wid)

BAGIKAN