*Berhasil Promosikan Kearifan Lokal dan Ciptakan Investasi UMKM Denpasar Raih Penghargaan ’’Best of The Best Natamukti Nindya” dari ICSB

17
Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, foto bersama dengan Menteri Koperasi dan UKM RI, AA Gede Ngurah Puspayoga, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dan President Of ISBC Indonesia Hermawan Kertajaya, usai penyerahan penghargaan di Harris Hotel.

Denpasar (Bisnis Bali) – Denpasar kembali berhasil meraih penghargaan tingkat nasional, yakni Best Of The Best kategori Natamukti Nindya dari International Council for Small Business (ICSB). Penghargaan ini diberikan karena Denpasar berhasil mempromosikan kearifan lokal dan menciptakan iklim investasi UMKM, mendukung daya saing produk lokal, serta menciptakan ekosistem yang baik bagi para UMKM di Kota Denpasar.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh President of ICSB Indonesia, Hermawan Kertajaya, kepada Wali Kota Denpasar, IB. Rai Mantra yang diwakili Sekda Kota Denpasar, A.A.Ngurah Rai Iswara, Rabu (30/11) lalu, di Harris Hotel & Residance. Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Koperasi dan UMKM RI, A.A.Gede Ngurah Puspayoga, serta para bupati/wali kota se-Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Hermawan Kertajaya mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota karena telah membantu memajukan UMKM di Indonesia, di mana kegiatan ini bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM RI. Penghargaan ini sendiri bertajuk ICSB Indonesia City Award. Dimana dibagi menjadi 3 kategori, yakn Natamukti Reswara, Natamukti Pranata, dan Best of The Best Natamukti Nindya.

Menurut Hermawan, ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak.  Terutama  pemerintah sebagai pendorong utama ekonomi lokal, di mana diketahui saat ini UMKM di Indonesia terus memperlihatkan pertumbuhan dan minat dari kalangan masyarakat.
“Maka dari itu kami berikan apresiasi kepada para institusi pemerintahan yang kami harapkan juga dapat menjadi inspirasi bagi yang lainnya,” kata Hermawan.

ICSB sendiri merupakan organisasi nirlaba internasional yang didirikan pada 1955, tujuannya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di seluruh dunia. Lebih lanjut diakui organisasi ini mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh dunia. Berfungsi sebagai empat pilar utama ICSB, saat ini telah terdaftar 80 negara yang telah menjadi anggota termasuk Indonesia sebagai salah satu afiliasi yang dibentuk pada 2015 lalu.
Sementara itu, Sekda, Rai Iswara, dalam kesempatan tersebut merasa bangga serta berterima kasih kepada para stakeholder dan UMKM yang ada di Denpasar. Karena berkat peran serta mereka, Denpasar bisa meraih penghargaan. ‘’Dengan semakin menggeliatnya serta berkembangnya UMKM di Denpasar, sudah barang tentu membantu meningkatkan pertumbuhan perekonomian serta menambah daya saing menghadapi MEA. Kami terus mendorong para UMKM yang ada di Denpasar agar terus mengembangkan usahanya serta mampu terus berinovasi sehingga menciptakan produk-produk baru yang memiliki daya jual yang tinggi di pasaran,” kata Rai Iswara.

Rai Iswara menambahkan, dibawah kepemimpinan Wali Kota, Rai Mantra dan Wakil Wali Kota, Jaya Negara, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar sangat konsen serta berkomitmen terus memberikan ruang dan meningkatkan pemberdayaan UMKM di Kota Denpasar. Tidak hanya memberikan ruang dalam pemasaran saja, Pemkot Denpasar juga meningkatkan sumber daya manusia para UMKM melalui pelatihan-pelatihan yang dilakukan mulai dari pelatihan wirausaha muda hingga pelatihan-pelatihan lainnya.

Dalam acara tersebut, Kota Denpasar merih penghargaan “Best of The Best Natamukti Nindya” Dari ICSB bersama Kota Bandung dan Kabupaten Temanggung. (sta/)

BAGIKAN