”Majaya-jaya” Giri Prasta Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Provinsi Bali  

9
ist MAJAYA-JAYA - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melakukan upacara majaya-jaya sebelum dilantik menjadi Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Provinsi Bali, Selasa (29/11) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melakukan upacara majaya-jaya. Upacara ini dilakukan serangkaian terpilih menjadi Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Provinsi Bali yang dilaksanakan Keluarga Besar IPSI Bali di Pusat Wiyata Mandala Bakti Negara, Jl. Kerta Mandala, Desa Batumekaem Ubung, Selasa (29/11) lalu.

Upacara majaya-jaya ini di-puput Ida Sang Begawan dari Geria Saba Ketewel Gianyar, dan dihadiri oleh pini sepuh dan penasihat dari DPD se-Bali. Selain majaya-jaya, Giri Prasta juga menerima surat keputusan (SK) sebagai Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Provinsi Bali periode tahun 2016-2021. Mendampingi Giri Prasta, sebagai Ketua Harian yakni I Bagus Alit Sucipta, S.H.

Usai majaya-jaya dan menerima SK, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan, pada masa kepemimpinannya, ia akan melakukan evaluasi terhadap organisasi, dan bagaimana memformulakan  untuk mengembalikan kejayaan Bakti Negara yang pernah diraih bersama-sama. Dalam melaksanakan programnya ke depan Giri Prasta sudah memiliki strategi untuk memberikan motivasi bagi anak-anak tingkat SD untuk memunculkan atlet-atlet berbakat. “Kami akan gerakkan mulai tingkat SD, tingkat banjar dan nanti kami juga gerakkan ranting di desa sehingga betul-betul muncul atlet-atlet yang tangguh,” tegasnya.

Dijelaskan, pelaksanaan seni pencak silat khususnya bakti negara ini juga akan digerakkan melalui senam lantai untuk menghasilkan kelenturan. “Ke depan betul-betul kami akan bina, sehingga mampu menunjukkan prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan tingkat dunia,” imbuhnya.

Prestasi yang diraih oleh Bakti Negara selama ini tidak terlepas dari peranan para dewan pendekar, para penglingsir yang telah mewariskan Perguruan Bakti Negara ini. Sebagai generasi muda dan penerus wajib hukumnya kami harus melakukan hal-hal yang sama untuk meraih apa yang pernah diraih untuk menjadi juara dunia dan mempertahankan nama bakti negara di kancah dunia. “Inilah tanggung jawab sepenuhnya Giri Prasta selaku Pimpinan Bakti Negara Bali, untuk periode 2016-2021,” terangnya.

Ditambahkan pada masa kepemimpinannya, Giri Prasta akan memfokuskan olah raga  seni Pencak Silat Bakti Negara ke masyarakat. “Sesuai dengan nama Bakti Negara kita wajib harus berbakti dengan negara, wajib hukumnya dan loyal kepada perguruan dan tidak boleh keluar dari apa yang menjadi keputusan perguruan itu. Tegas, tegak lurus, sebagai jiwa bahwa di Bakti Negara ini jiwanya Pancasila, pencak silat budayanya betul-betul budaya Bali,” tegas Giri Prasta.

 Sementara itu Ketua Lembaga Dewan Pendekar Pusat PSPS Bakti Negara I Bagus Alit Dira mengatakan kegiatan majaya-jaya ini merupakan langkah spiritual bagi pengurus yang baru. Diharapkan kepada pengurus baru agar apa yang telah dikerjakan oleh pengurus yang terdahulu agar dilanjutkan oleh pengurus sekarang. Tugas pengurus baru sama dengan tugas pengurus yang lama yaitu mewujudkan Perguruan ini tetap ajeg, juga prestasi dapat tetap dipertahankan dan yang tidak kalah pentingnya kekeluargaan agar tetap berjalan. Dijelaskan prestasi yang diraih Perguruan Bakti Negara saat PON dengan meraih 2 emas. “Syukur tradisi dari PON ke-8 hingga PON terakhir ini kita tetap berhasil membawa medali emas,” tambahnya.