Bangun Suasana Guyub dan Harmoni FKUB Badung Silaturahmi dengan Bupati Giri Prasta

16
ist SILATURAHMI - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Ketua FKUB Badung Kompyang R. Swandika dan penasehat FKUB Badung AA Gde Agung saat bersilaturahmi dengan jajaran FKUB Badung, Rabu (30/11) di Puspem Badung.

Mangupura (Bisnis Bali) – Dinamika pembangunan di Badung begitu pesat dan cepat. Untuk itu, dibutuhkan tetap terjaganya harmoni serta tali silaturahmi yang intensif dan dinamis. Dalam upaya menjaga tetap guyub dan tetap terjaganya tri kerukunan umat beragama di Kabupaten Badung, pemerintah bersama segenep jajaran Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) senantiasa terus membangun tali silaturahmi dan sinergi secara intensif.

Demikian diungkapkan Ketua FKUB yang juga Sekkab Badung Kompyang R. Swandika saat silaturahmi jajaran FKUB Badung dengan Bupati Badung, Rabu (30/11) kemarin, di Puspem Badung.
Selain dihadiri langsung Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, juga tampak hadir Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta, Dandim 1611/Badung Letkol CZI M. Leo Pola Ardiansa, Bupati Badung ke-11 AA Gde Agung selaku Penasihat FKUB Badung, tokoh-tokoh umat beragama, perwakilan dari Polresta Denpasar dan Wakapolres Badung, Kadis Kebudayaan IB Anom Bhasma, Kakandep Agama Badung I Nyoman Arya dan Kepala Kesbangpol Linmas I Nyoman Suendi.
Ketua FKUB Badung Kompyang R. Swandika mengatakan, terbangunnya suasana yang harmoni serta terjaganya kerununan antarumat beragama baik intern, antar dan dengan pemerintah, tidak terlepas dari adanya dukungan penuh serta fasilitasi dan perhatian Pemkab Badung terhadap segenap umat beragama di Badung. “Jajaran FKUB yang terdiri atas pimpinan majelis umat beragama selama ini telah terbangunnya sinergi dan komunikasi yang amat sangat baik dengan Pemkab Badung. Karenanya, kami atas nama segenap anggota forum menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan DPRD Badung. Kami harapkan kerukunan dan harmoni yang telah terjaga dengan baik di badung dapat sebagai modal untuk bekerja membangun Badung yang shanti dan jagadhita,” jelasnya.
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, atas nama Pemerintah Kabupaten Badung menyampaikan terima kasih kepada FKUB Badung dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Badung yang telah menciptakan kerukunan antarumat beragama di Badung. “Kami meyakini kerukunan di Badung akan tetap terjaga, karena harmonisasi ini telah terjalin dengan baik,” katanya.

Untuk itu Bupati juga tak henti-hentinnya memohon arahan dan petunjuk dari FKUB, tokoh umat maupun FKPD guna tetap terwujudnya kondisivitas di Badung.

Menyikapi kondisi keamanan saat ini, Bupati kembali menegaskan agar tetap mengedepankan konsep kebangsaan dengan tetap mempertahankan UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta mengatakan, apa yang telah tercapai di Badung selama ini, DPRD Badung memandang sangat luar biasa, baik kerukunan dan keharmonisan umat beragama. “Kami pimpinan Dewan sangat berterima kasih kepada FKUB, dan kami bersama Bupati akan siap mendukung program FKUB dalam upaya meningkatkan keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama di Badung,” tambahnya.
Penasihat FKUB Badung AA Gde Agung menyampaikan, pentingnya menjaga dan saling menghormati rasa beragama yang perlu ditanamkan kepada masyarakat paling bawah (akar rumput). Diharapkan, kerukunan tidak hanya di tingkat elite, namun harus menjadi “virus” positif ke akar rumput.

Menurut mantan Bupati Badung dua periode ini, ada tiga resep utama dalam meningkatkan kerukunan antarumat beragama. “Pertama, konsep tatwam asi, kedua Catur Paramitha sebagai pondasi terbangunnya harmoni yang di dalamnya mencakup rasa persaudaraan dan menyama braya, kasih sayang, rasa welas asih, suasana kegembiraan serta empati dan ketiga menghormati rasa agama orang lain serta konsep dimana bumi dipijak disana langit dijunjung juga patut dijalankan,” tambahnya. (sar/)

BAGIKAN