Perbankan Optimis Kokoh Di Tengah Rencana Kenaikan The Fed  

10

Denpasar (Bisnis Bali) – Spekulasi jadi tidaknya The Fed menaikkan suku bunga pada Desember mendatang masih membayangi. Diprediksi perbankan masih akan kokoh, ditandai likuiditas masih cukup dan rasio kredit bermasalah (NPL) akan mampu ditekan pada akhir tahun.

Pemerhati perbankan Kusumayani, M.M. di Sanur, Senin (28/11) kemarin mengatakan, memang ketakutan perbankan saat ini NPL tinggi, tetapi kalangan perbankan optimis mampu menekan NPL pada akhir tahun ini. Selain itu terkait bank sentral AS berkaitan The Fed kemungkinan tidak akan tinggi kenaikan suku bunganya.

“Suku bunga the Fed tentu naik, tetapi lebih tinggi pada tahun depan mendatang. Ini membuat perbankan kemungkinan tidak berpengaruh,” ujarnya.

Diakui, kondisi perbankan kendati masih kuat namun tetap memperhatikan situasi yang terjadi di luar atau ekonomi global. Secara keseluruhan ia menilai, dengan kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah bisa membuat pertumbuhan ekonomi meningkat dan kredit menjadi baik.

Pemerhati perbankan dan ekonomi, Wayan Putrayasa, M.M. mengatakan, NPL perbankan memang jadi perhatian serius di tengah kondisi saat ini. Kondisi NPL menunjukkan bagaimana kinerja perbankan dalam penyaluran kredit dan kemampuan debitur dalam melunasi pokok dan bunga pinjaman.(dik)

 

BAGIKAN