Terpilih sebagai Ketua DPC HKTI Tabanan Agung Pujana Janji akan Tingkatkan Daya Saing Petani Melalui Pelatihan  

10
Agung Pujana mendapat ucapan selamat dari pengurus sebelumnya, atas terpilihnya menduduki posisi Ketua DPC HKTI Tabanan yang baru. (man)

Tabanan (Bisnis Bali) – A. A. Nyoman Pujana (Agung Pujana) terpilih secara aklamasi dalam musyawarah cabang (Muscab) DPC Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Tabanan yang digelar, Sabtu (26/11) lalu. Pascaterpilih, Agung Pujana berjanji akan bertindak nyata dalam kaitannya mengadvokasi sekaligus meningkatkan daya saing petani di daerah lumbung pangan ini melalui sejumlah pelatihan, termasuk kemampuan dalam mengadopsi teknologi terbaru di sektor pertanian.

Hadir dalam Muscab DPC HKTI Kabupaten Tabanan, tokoh masyarakat yang juga sekaligus sebagai Wakil Ketua DPRD Tabanan, Ir. Ni Nengah Sri Labantari. Selain itu, dari jajaran DPD HKTI Bali hadir pula Ketua DPD HKTI Bali yang sekaligus membuka Muscab DPC HKTI Tabanan, Prof. Nyoman Suparta, Sekertaris DPD HKTI Bali, Dewa Nyoman Sudita, Wakil Ketua DPD HKTI Bali, Dewa Nuraja, S.E., M.M. dan pengurus.

Agung Pujana mengungkapkan, untuk mampu bersaing, mengadopsi teknologi di sektor pertanian memang diperlukan, khususnya dalam sektor pacapanen, karena akan berpengaruh pada meningkatnya pendapatan atau hasil yang diterima petani pada musim panen.

Imbuhnya, beranjak dari kondisi tersebut, pada program jangka pendeknya, pihaknya akan berupaya melakukan sosialisasi maupun pelatihan dengan melibatkan peran serta kalangan akademisi di sektor pertanian sebagai pendamping.

“Upaya itu pula yang setidaknya mampu memperkecil peluang terjadinya alih fungsi lahan di Kabupaten Tabanan, mengingat adanya kesejahtraan di kalangan petani nantinya. Kuncinya adalah pintarkan petani hingga sejahterakan petani, sehingga petani tentunya tidak berpikiran lagi untuk menjual lahan,” tuturnya.

Prof, Nyoman Suparta dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, pihaknya menyambut baik terpilihnya Agung Pujana sebagai Ketua DPC HKTI Tabanan yang baru untuk masa jabatan 2016-2021. Sebab, sosok Agung Pujana memang merupakan seorang yang visioner dan sejak lama berkecimpung di sektor pertanian. Terbukti dari aktivitas sebelumnya yang hanya menjadi karyawan di salah satu perusahaan pupuk. Namun kini tengah berdiri sendiri dalam bidang yang sama dan memiliki perkembangan usaha yang cukup baik.

“Itu menunjukan dia (Agung Pujana) memiliki komitmen dan berkeinginan kuat untuk maju. Bercermin dari itu, saya memiliki pemikiran bahwa DPC HKTI Tabanan nantinya juga akan mampu melakukan aktivitas dan trobosan menjalankan peran dan fungsinya dalam kaitan membela petani dan sektor pertanian di Kabupaten Tabanan,” ujarnya.

Lanjutnya, potensi pertanian di Kabaupaten Tabanan sendiri cukup besar. Itu pula yang membuat Tabanan dikenal sebagai lumbung pangannya Bali, sebab seperempat lahan pertanian di Bali terletak di Kabupaten Tabanan. Untuk itu, menurutnya sektor pertanian di Tabanan menjadi harapan bagi Bali, sehingga harus dikelola dengan sungguh-gungguh dalam rangka mengembangkan sektor pertanian di Provinsi Bali secara umum.

Sementara itu, selain mengagendakan pemilhan Ketua dan pengurus DPC HKTI Kabupaten Tabanan, pada Muscab juga diisi dengan urun rembug terkait kendala atau permasalah yang dihadapi oleh sejumlah petani di Kabupaten Tabanan saat ini.

Salah satunya, keluhan petani terkait ancaman alih fungsi lahan di Kabupaten Tabanan yang kian mengkawatirkan dan gamangnya tata kelola pengairan, sehingga kondisi tersebut membuat sejumlah sawah mengalami kekurangan air untuk kebutuhan tanam. (man/)

BAGIKAN