Lebih Mahal, Kain Pantai Gambar Barong tetap Laris 

18

BARONG merupakan salah satu kerajinan seni Bali, yang memiliki daya tarik besar di mata wisatawan. Kerajinan seni ini kemudian dituangkan dalam berbagai produk pemikat wisata, mulai dari tari pertunjukan hingga beragam produk fashion.

Selama ini produk fashion berupa baju barong begitu terkenal, dan mendapatkan respons positif dari pasar. Tidak hanya wisatawan, masyarakat lokal pun menyukai baju barong. Melihat sukses dari baju barong, para pelaku fashion pun ingin meraup keuntungan besar dengan memanfaatkan daya tarik barong. Kemudian terciptalah kain pantai bergambar barong.

“Kain pantai bergambar barong ternyata mampu menarik minat wisatawan, karena  identik dengan Bali,” kata Putu pedagang di pusat toko oleh-oleh di Denpasar. Kain pantai memang kerap dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh.

Daerah lain juga banyak yang memiliki produk kain pantai sebagai oleh-oleh. Dengan kain pantai bergambar barong, jadi benar-benar membuktikan itu oleh-oleh dari Bali. Jadi permintaannya jauh lebih tinggi ketimbang motif lain. (pur)

BAGIKAN