HUT Ke-32 LPD Bali Semarak Jalan Santai Dihadiri 5.000 Peserta  

14
Pemotongan tumpeng rangkaian peringatan HUT LPD Bali ke-32 di Lapangan Puputan Klungkung Minggu (27/11). (kup)

Semarapura (Bisnis Bali) – Perayaan seremonial Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Bali ke-32 Minggu (27/11) dimeriahkan kegiatan jalan santai mengambil tempat di Lapangan Puputan Klungkung. Jalan sehat dilepas Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta  didampingi Ketua DPRD Klungkung, Ketua BKS LPD Provinsi Bali dan Ketua LPLPD Provinsi Bali. Kegiatan jalan santai ini diikuti sekitar 5.000 orang peserta dari pengurus BKS LPD se-Bali, pengurus LPLPD se-Bali, karyawan-karyawati LPD, pelajar dan masyarakat Kabupaten Klungkung.

Kegiatan LPD Bali mengambil tema “Melalui HUT ke-32 LPD Kita Jalin Persatuan dan Kebersamaan dengan Kerja Nyata untuk Membangun Ekonomi Desa Pekraman yang Shanti dan Jagadhita”. Hadir dalam puncak HUT LPD di Klungkung Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta.

Ketua Badan Kerjasama (BKS) LPD Provinsi Bali, Nyoman Cendikiawan mengatakan jika LPD ingin maju, masyarakat Bali harus menunjukkan hak dan kewajiban. Saat ini, kewajiban krama Bali untuk memajukan LPD. “Jangan hanya menuntut LPD maju saja, kita dukung LPD ini dengan memanfaatkan jasa LPD,” katanya.

Ia menjelaskan, BKS LPD dan LPLPD sudah menyediakan dana perlindungan dan penjaminan untuk LPD. Bagaimana LPD yang dulunya kurang berkembang mesti dimotivasi dengan dukungan TI sehingga  lembaga keuangan tradisional ini bisa dikelola profesional.

Dipaparkannya, di samping faktor SDM potensi daerah masing menentukan kemajuan LPD. Kemajuan LPD tidak ditentukan besarnya aset.  Dukungan aset LPD yang sesuai dengan potensi desa pakraman tetapi bermanfaat bagi desa pakraman ini bisa menjadi ukuran LPD tersebut maju. LPD besar bukan semata dari besarnya aset.

Nyoman Cendikiawan menegaskan, jumlah LPD di Bali 1.433 unit. Perkembangan LPD di Bali triwulan ketiga 2016 menunjukkan pertumbuhan 15 persen. Ini baik dari sisi pertumbuhan  penghimpunan dana, kredit dan perkembangan aset. Perkembangan asetnya tentu didukung krama Bali yang membesarkan LPD. (kup/bns)

BAGIKAN