Pegadaian Gelar Pelatihan Kewirausahaan

20

Denpasar (Bisnis Bali) – Pegadaian sebagai salah satu BUMN, terus berusaha mendorong keberadaaan UMKM, khususnya, yang menjadi mitra binaan mereka. “Dorongan itu tidak hanya berupa pembiayaan, tetapi juga pelatihan kewirausahaan, pameran ataupun yang lainnya,’’ ujar Humas PT Pegadaian (Persero )Kanwil VII Denpasar, Made Mariawan.

Bertempat di Hotel Inna Bali Jalan Veteran Denpasar, Pegadaian Wilayah VII Denpasar mengadakan kegiatan dengan tema “Pelatihan Kewirausahaan Mitra Binaan” yang dihadiri oleh banyak peserta mitra binaan PT Pegadaian yang  tersebar di beberapa daerah yang ada di Bali, dengan narasumber/pematerinya dari “Marketing Markplus”.

Lanjutnya, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), mempunyai andil atau potensi ekonomi yang tinggi. Oleh karena itu, PT  Pegadaian selaku salah satu badan usaha milik negara turut mendorong perkembangan UKM, khususnya untuk UKM yang berada di ProvinsiBali. ‘’Tak hanya melalui program pembiayaan namun juga pemberdayaan dengan memberikan pelatihan bagi pelaku UKM dari berbagi sektor,’’ ungkapnya.

Katanya, peran UKM sendiri sangat besar dalam menopang perekonomian suatu daerah. Namun sayangnya kebanyakan dari usaha kecil belum menerapkan manajemen yang baik untuk usaha mereka.

“Usaha yang baik seharusnya dapat menerapkan manajemen yang baik. Namun usaha kecil masih kurang menerapkannya. Maka dari itu kami mengadakan pelatihan ini agar para pelaku UKM dapat membesarkan usaha mereka,” paparnya .

 Mariawan menambahkan, dengan adanya pelatihan ini pihak pegadaian mengharapkan terjadi sinergi yang baik,  baik itu dari pegadaian dan juga antar sesama peserta. Dari sekian banyak peserta yang mengikuti harapannya dapat saling menjalin link serta saling memberikan manfaat sehingga usaha yang dimiliki dapat berkembang lebih baik.

“Saya melihat adanya potensi besar dari peserta untuk mengubah usaha kecilnya menjadi usaha besar. Dengan adanya kegiatan ini semoga member manfaat bagi para pelaku UKM tentunya,” tandasnya.

Di samping itu pada Rabu (16/11) hingga Minggu (20/11) lalu, Pegadaian juga memberikan apresiasi kepada mitra binaan untuk mengikuti Pameran di Nusa Dua Fiesta 2016 yang diikuti oleh Mitra Binaan Pegadaian antara lain, jaket kulit dari Bandung, Batik Tulis dariTulungagung, Mutiara dari Lombok, Kain Khas dari Bima dan Hiasan Fiber glas dari Tegalalang, Ginayar.(aya/)

BAGIKAN