Indonesia merupakan salah satu pasar dari industri asuransi yang sangat potensial untuk berkembang. Namun sayangnya, belum semua masyarakat melirik asuransi. Satu sisi industri asuransi memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi. Seperti apakah?

TIDAK dipungkiri minat masyarakat terhadap program asuransi masih tergolong rendah. Kurang memahami serta masih sesuatu hal yang penuh risiko disinyalir menjadi penyebab rendahnya tingkat ketertarikan masyarakat terhadap asuransi. Bisa pula ketidaklengkapan informasi yang didapat masyarakat terhadap jenis-jenis produk asuransi turut melatarbelakangi pertumbuhan asuransi. Belum lagi, asuransi banyak dianggap sebagai produk konsumsi untuk masyarakat menengah ke atas yang memiliki dana lebih.

Satu sisi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai industri asuransi di ASEAN memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Karena itu, diharapkan regulator dan pelaku usaha harus bisa membangun integrasi industri asuransi di ASEAN untuk bersama-sama memajukan pertumbuhan ekonomi di kawasan.

Data OJK menyebutkan, pertumbuhan industri asuransi pada 2015 secara global cenderung melambat dibanding 2014. Industri asuransi jiwa secara global mengalami pertumbuhan 3,3 persen (2014 sebesar 4,7 persen), sedangkan industri asuransi umum mengalami pertumbuhan 2,5 persen (2014 sebesar 2,8 persen). (dik)

 

BAGIKAN