Festival Pariwisata Dinilai Ampuh ”Gaet” Wisatawan

18
GAET - Festival pariwisata yang digunakan untuk menggaet wisatawan mancanegara ke Bali. (kup)

Untuk mencapai target 20 juta wisatawan pada 2019, Bali harus memiliki gebrakan jitu untuk menggaet wisatawan mancanegara. Salah satu jalan dengan menyelenggarakan even festival pariwisata yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Bali yang tersusun dalam kalender festival pariwisata. Sejauhmana peran even pariwisata ini mampu menggaet wisatawan?

PELAKSANAAN even pariwisata ini menjadi bagian magnet untuk menarik wisatawan berlibur ke Bali. Banyak muncul festival pariwisata di Bali yang belum terdata secara lengkap dalam calendar of events Bali. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan stakeholder pariwisata Bali menata dan membuat kalender festival pariwisata. Kalender festival pariwisata ini yang dijadikan bahan promosi untuk menggaet wisman ke Bali.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, IB Agung Partha Adnyana mengatakan, untuk membuat kalender festival pariwisata membutuhkan koordinasi stakeholder pariwisata dan pemerintah daerah selaku penyelenggara festival pariwisata. Saat ini GIPI Bali sedang proses meminta data lengkap terkait festival pariwisata yang diselenggarakan pelaku pariwisata, pemerintah kabupaten/kota, dan Pemerintah Provinsi Bali di Bali sehingga bisa digaungkan bersama dalam promosi bersama melalui digital marketing.

Ia menjelaskan, saat ini baru terdata sekitar 56 even festival pariwisata di Bali. Ini belum termasuk even festival pariwisata baru dan festival pariwisata masih dalam kapasitas kecil.
Ia mencontohkan  festival barong di Taman Ayun Mengwi. Walaupun baru mengawali, event ini berpotensi dilakukan secara kontinyu setiap tahun dan terjadwal. Jika hanya menampilkan daya tarik Pura Taman Ayun belum maksimal mampu mengaet wisatawan. Dengan ditambahkan penyelenggaraan festival barong tentu akan memberikan nilai tambah untuk menarik wisatawan.(kup)

BAGIKAN