Pertahankan Tradisi, SKPD Pemkab Tabanan Berkreasi Menghias Penjor

36
Pemkab Tabanan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tabanan menggelar lomba menghias penjor yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan. (man)

Tabanan  (Bisnis Bali) – Bagi masyarakat Bali, penjor merupakan sesuatu yang sakral dan wajib ada pada momen – momen tertentu, khususnya pada saat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Namun, belakangan ini masyarakat sudah dimudahkan dengan membuat penjor secara instan, karena alat dan sarana penjor yang sudah jadi,  dijual di mana-mana.

Karenanya, untuk mempertahankan tradisi membuat penjor agar kearifan lokal bisa terus dipertahankan, Pemkab Tabanan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tabanan menggelar lomba menghias penjor yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan. Lomba ini juga merupakan serangkaian pelaksanaan HUT ke-523 Kota Tabanan.

Lomba menghias penjor dipusatkan diempat titik yakni, Halaman Kantor Bupati Tabanan, Lapangan Debes, Gedung Kesenian Ketut Marya serta Lapangan Umum Alit Saputra, Selasa ( 22/11 ).

Menurut Ketut Sumendra, yang merupakan salah satu juri lomba menghias penjor, lomba penjor ini lebih menekankan pada  kreasi dan kreativitas peserta. Dari total tujuh peserta akan dituntut untuk mampu menyelasaikan dua buah penjor dalam waktu 3 jam. Selain kreasi dan kreativitas, para peserta juga dituntut untuk selalu kompak agar hasil akhir bisa maksimal. “Ada beberapa kriteria yang akan kami nilai seperti kerapian, keindahan, keserasian, bentuk dan kreasi,” ujarnya.

Ditambahkan, sarana yang dipergunakan juga harus bahan-bahan tradisional seperti bambu dan ental, serta tidak boleh memakai sarana berbahan plastik. Tinggi penjor pun sudah ditentukan yakni 8 Meter.  “Dalam lomba ini para peserta tidak boleh mempergunakan sarana berbahan plastik apalagi bahan yang sudah jadi. Di sinilah nanti kami akan melihat bagaimana para peserta berkreasi menggunakan bahan dasar ental,” imbuhnya.(man)

 

BAGIKAN