GIPI Bali Gaungkan Festival Pariwisata

9
GiPI Bali mengundang pelaku atau penyelenggara festival dan pemerintah kabupaten kota di Bali untuk mendata setiap festival pariwisata di Bali memudahkan melalui promosi bersama melalui marketing digital.(kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Banyak festival pariwisata di Bali yang belum terdata secara lengkap dalam calendar of events Bali. Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, IB. Agung Partha Adnyana, Selasa (22/11) mengatakan, meminta data lengkap terkait festival pariwisata yang diselenggarakan pelaku pariwisata, Pemerintah kabupaten/kota, dan Pemprov Bali sehingga bisa digaungkan bersama dalam promosi bersama melalui digital marketing.

Ia mengungkapkan, di Bali baru terdata sekitar 56 event festival pariwisata. Ini belum termasuk event festival pariwisata baru dan festival pariwisata masih dalam kapasitas kecil.

Ia menjelaskan, seperti festival barong di Taman Ayun Mengwi walaupun baru mengawali digarap, berpotensi dilakukan secara kontinyu tiap tahun dan terjadwal.

Jika hanya menampilkan hanya menampilkan daya tarik Pura Taman Ayun belum maksimal mampu menggaet wisatawan. Dengan ditambahkan penyelenggaraan festival barong tentu akan memberikan nilai tambah untuk menarik wisatawan.

Dipaparkannya, jika sudah terdata dan terjadwal secara menyeluruh festival pariwisata di Bali akan memudahkan GIPI Bali bersama Pemprov Bali melalui Dispar Bali mempromosikan event pariwisata melalui media digital. Informasi festival pariwisata di Bali akan mudah diakses melalui media digital.

Ia menegaskan, wisatawan dari berbagai belahan dunia mulai dari Amerika, Asia Afrika, Eropa dan lainnya sangat tertarik berlibur ke menyaksikan festival pariwisata yang diselenggarakan di Bali. Seperti wisatawan asal Amerika Latin rela menempuh perjalanan hampir  33 jam hanya untuk berlibur ke Bali. Ini termasuk memanfaatkan kesempatan untuk menyaksikan festival pariwisata yang diselenggarakan di Bali. (kup)